Pola Kepribadian Intuitive Pelajar Tingkat SMA

27 komentar
pola kepribadian intuitive

Sebelum berakhir semester satu kemarin, sekolah mengadakan asesmen bakat dan minat  atau ABM untuk para siswa kelas dua belas. Asesmen ini tentunya sangat penting sekali, sesuai dengan namanya asesmen bakat dan minat, tujuannya tentu saja untuk mengetahui kepribadian, dan juga bakat serta minat siswa yang nantinya bisa digunakan untuk dasar pengambilan jurusan kuliah atau pekerjaan yang cocok untuk mereka kelak.

Pada dasarnya setiap anak memang spesial dan unik dengan kepribadian, bakat, dan minat masing-masing. Salah satu yang unik dan menarik dari kepribadian siswa dilihat dari hasil asesmen bakat dan minat adalah tentang pola kepribadian intuitive sebagian siswa yang mengikuti kegiatan ini.

Mengenal Pola Kepribadian Intuitive Pelajar

Bersyukur sekali tahun ini sekolah dapat mengadakan asesmen bakat dan minat sendiri setelah sebelumnya disosialisasikan oleh Divisi Kurikulum dari Departemen Agama tentang bagaimana cara kerja asesmen ini. Ini adalah asesmen bakat dan minat perdana secara mandiri oleh sekolah sehingga para guru yang terlibat ikut kegiatan ini pun sama-sama belajar lebih dalam tentang proses asesmen ini.

Asesmen bakat dan minat ini seperti halnya tes psikologi atau psikotes. Siswa diberikan waktu untuk mengisi kuisioner dari web dan nantinya setelah selesai akan keluar hasil prediksi tentang bagaimana kepribadian, bakat dan minat siswa. 

Di antara sekian banyak hasil asesmen untuk siswa ini ada siswa yang dikategorikan memiliki kepribadian intuitive. Orang dengan kepribadian intuitive adalah orang yang cenderung menggunakan instuisinya dalam melihat sesuatu dan juga memiliki karakter yang kreatif.

Ciri-ciri Anak dengan Kepribadian Intuitive

Setiap pelajar dengan karakter uniknya masing-masing mempunyai ciri-ciri yang dapat dikenali. Begitu pun dengan anak dengan kepribadian intuitive ini memiliki beberapa ciri karakter yang dapat kita jadikan indikator bahwa ia memang memiliki kepribadian intuitive.

Beberapa ciri pelajar yang memiliki kepribadian intuitive antara lain

  1. Memiliki insting dan perasaan yang mendominasi ketika mereka merespon suatu kejadian di sekitar mereka
  2. Para siswa dengan kepribadian intuitive juga memiliki visi yang tajam terhadap masa depan
  3. Dalam melihat peluang, pelajar yang memiliki kepribadian intuitive dikenal sangat kreatif
  4. Berpemikiran terbuka dengan pendapat atau ide yang berbeda dengannya 
  5. Bersifat fleksibel dengan perubahan yang terjadi di sekitarnya 
  6. Peka dan sensitif dalam suatu hubungan
  7. Memiliki ketertarikan terhadap sesuatu yang bersifat konseptual dan abstrak

Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Anak dengan Kepribadian Intuitive

pekerjaan yang cocok untuk kepribadian intuitive

Dengan mengetahui kepribadian, bakat dan minat pelajar, selanjutnya guru bimbingan konseling dapat membantu para siswa dalam memberikan gambaran beberapa hal, seperti rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk mereka sesuai hasil dari asesmen bakat dan minat ini.

Beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk anak yang memiliki kepribadian intuitive antara lain:

1. Psikologi

Jurusan Psikologi dianggap cocok untuk anak dengan kepribadian intuitive karena belajar di jurusan ini akan berfokus pada mempelajari dan menganalisis perilaku dan fungsi mental manusia. Dengan modal kepekaan dan sensitivitas yang tinggi dari anak berkepribadian intuitive akan menjadi modal dasar yang kuat dalam belajar di jurusan psikologi.

2. Filsafat

Ketertarikan anak yang memiliki pola kepribadian intuitive terhadap hal-hal yang konseptual dan ide-ide yang abstrak akan cocok dengan jurusan filsafat di perguruan tinggi. Indikator lain yang menunjang untuk kuliah di hurusan filsafat adalah sifat anak intuitive yang open minded dengan pemikiran dan ide-ide di sekitarnya walaupun berbeda dengan dia.

3. Desain

Pilihan lain yang bisa direkomendasikan untuk jurusan kuliah bagi anak intuitive adalah jurusan desain. Dengan sifatnya yang kreatif dan juga visi yang tajam akan sangat menunjang untuk belajar di jurusan desain ini.

Rekomendasi Pekerjaan untuk Orang dengan Kepribadian Intuitive

Walaupun secara data, orang yang memiliki pola kepribadian intuitive jumlahnya sedikit, namun kesempatan untuk mendapatkan pekerjaannya justru berbanding terbalik karena justru sangat banyak peluangnya. 

Beberapa rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk orang dengan kepribadian intuitive antara lain:

  1. Arsitek. Pekerjaan yang mengandalkan kreatifitas tinggi dan visi yang akurat sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang estetik sangat cocok untuk orang dengan kepribadian intuitive
  2. Guru atau dosen juga cocok untuk orang intuitive karena mempunyai pola pikir yang terbuka dan juga tertarik dengan segala sesuatu yang bersifat ide-ide atau konsep
  3. Pengusaha adalah pekerjaan lainnya yang juga cocok untuk pribadi intuitive karena seorang pengusaha tentunya harus memiliki karakter dengan visi yang kuat terhadap masa depan dan juga insting yang kuat. Hal lain yang mendukung adalah sifat anak intuitive yang kreatif dan juga fleksibel dengan perubahan yang terjadi di sekitarnya
  4. Psikolog adalah pilihan lainnya yang bisa dijadikan rekomendasi pekerjaan untuk orang-orang dengan pribadi intuitive. Tentunya ini sangat berkorelasi dengan jurusan kuliah psikologi yang bisa diambil sebelumnya.
  5. Ilmuan atau profesor yang mengajar di perguruan tinggi juga bisa dijadikan alternatif. Orang dengan kepribadian intuitive senang berdiskusi dan bahkan berdebat. Dengan sifatnya yang fleksibel, posisi mereka bisa membimbing mahasiswa yang diajarnya

Setiap Anak Istimewa dengan Kepribadian, Bakat, dan Minatnya

kepribadian intuitive

Adanya asesmen bakat dan minat siswa di sekolah sangat membantu guru, terutama guru Bimbingan Konseling untuk mengenal kepribadian, bakat, dan minat siswa. Dengan mengenal kepribadian siswa, dampaknya akan sangat baik dalam menjalin komunikasi dan juga membantu rekomendasi kebutuhan siswa untuk mempersiapkan pendidikan di perguruan tinggi setelah lulus dari tingkat SMA.

Dengan mengetahui hasil dari ABM ini kita dapat menyadari betapa setiap anak itu spesial dan unik dengan kepribadian, bakat, dan minat masing-masing. Kita bisa mengambil kesimpulan bahwa tidak anak atau pelajar yang bodoh, yang ada adalah mereka hebat dengan jalannya masing-masing.

Mudah-mudahan para pelajar, khususnya kelas akhir jenjang SMA mempunyai gambaran dengan jurusan yang akan diambilnya ketika di perguruan tinggi kelak dengan penjelasan hasil asesmen minat dan bakat dari guru BK dan harapannya kelak apa yang menjadi konsentrasi belajarnya di kuliah benar-benar sesuai passion dan akhirnya juga mempunyai pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat juga.

Apapun kepribadian setiap siswa, termasuk siswa dengan pola kepribadian intutive, pastinya mempunyai bakat dan minatnya masing-masing. Tugas guru setelah mengetahui kepribadian, bakat, dan minat siswa adalah mengarahkannya agar sesuai dengan bakat dan minat mereka yang akhirnya mereka akan merasa tidak salah pilih atau salah jalan setelah mendapat penjelasan yang diberikan guru dari hasil asesmen bakat dan minat ini.

Related Posts

27 komentar

  1. Jadi tahu tentang anak dengan pola kepribadian intuitive yang jumlahnya mungkin tak banyak. Bagusnya ada rekomendasi sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan jadi cukup banyak peluangnya. Keren artikelnya Pak Guru.

    BalasHapus
  2. Waaah, well noted nih Kangg. Kalo desain sih oke yaa, kalo filsafat ini aku belum menemukan yang kayak filsuf Islam macam Al Faribi atau Al Ghazali, outputnya rata-rata ke filsuf Yunani yakk di Indo ini

    BalasHapus
  3. Wahh pelajar yang intuitif malah cenderung lebih kreatif yaa. Aku jadi penasaran Kang, rata-rata yang intuitif ini ingin mengambil jurusan apa ya saat kuliah nanti.

    BalasHapus
  4. Beruntung sekali di zaman yang serba canggih ini ada asesmen bakat anak sesuai pola kepribadian. Cukup membantu para orang tua untuk mengarahkan anaknya sesuai kepribadian bukan hanya minat saja. Baru tau secara detail tentang anak intuitif ini. sangat membantu

    BalasHapus
  5. Setuju, bahwa siswa siswi mempunyai keunikan tersendiri, jika di deteksi sejak awal akan lebih mudah untuk mereka mengetahui potensi yang di miliki

    BalasHapus
  6. sungguh unik ya, jika ditelusur menggunakan alat tes psikologi, untuk anak berkepribadian intuitive tetap bisa sukses dengan caranya.

    BalasHapus
  7. Analisa minat dan bakat ini sebaiknya dilakukan usia berapa ya Pak? Apakah bisa dilakukan saat anak masih SD agar mudah mengarahkan pendidikan yang dapat dipilihnya kelak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai dari usia TK juga bisa Mbak Dyah. Kebetulan anak saya yang di TK pun dilakukan tes psikologi juga oleh sekolah yang bekerjasama dengan lembaga penyedia psikotes

      Hapus
  8. Dsripada intuitif, aku dulu pas di kelas adalah anak yang pasif karena memang agak susah bergaul karena enggak percaya diri. Dan ini sangat menghambat aku untuk berkreativitas. Tapi, aku lebih aktif padaa saat eskul karena sesuai dengan kesukaan aku.

    BalasHapus
  9. Terima kasih kang artikelnya. Setelah saya baca jadi paham lebih dalam lagi salah satu kepribadian yang dimiliki oleh siswa.

    BalasHapus
  10. Asesmen bakat dan minat siswa di sekolah tentunya membantu banget ya untuk mengetahui minat dan bakat anak sehingga nantinya jelas akan diarahkan kemana. Dan ternyata banyak juga pililhan profesi untuk anak dengan kepribadian intuitive begini. Keren-keren pula profesinya

    BalasHapus
  11. Ternyata untuk memilih jurusan Psikologi ini tidak bisa asal - asalan sekedar milih ya. Saya belakangan ini, (setelah jadi emak-emak) kepikiran saja kenapa dulu pas akuliah tidak ambil jurusan psikologi.

    BalasHapus
  12. Kalau kepribadiannya itu intuitif memang kek udah punya bakat luar biasa ya. Memang sebaiknya disalurkan pada jurusan kuliah yang tepat, karena ini hal keren yang bisa bermanfaat untuk banyak orang termasuk buat dirinya juga

    BalasHapus
  13. Wah,. Penting banget nih mengetahui tipe atau kecerdasan. Dengan begitu bisa maksimal mengembangkannya. Ya memang bukan harga mati atau final sebuah kecerdasan dengan rekomendasi aktivitas atau lingkungannya Tapi akan lebih maksimal kalau memang sesuai dengan kecerdasan..

    BalasHapus
  14. Assessment bakat dan minat untuk anak kelas 12 ini bermanfaat sekali ya buat mengetahui bakat dan minat anak-anak sehingga bisa memilih jurusan yang tepat saat kuliah sesuai dengan karakter anaknya.Banyak juga ternyata jurusan yg cocok untuk anak intuitive ya..

    BalasHapus
  15. Baru tahu ada pola pribadi seperti ini. Memang para pelajar SMA yang mencari jati diri harus dikembangkan ke arah mana pola pikir dan kepribadian mereka ke depan. Dengan demikian mereka bisa kejar masa depan atau cita-cita yang diimpikan.

    BalasHapus
  16. Pekerjaan ideal pun bisa dipilah dan diputuskan sesuai karakter kita ya.
    Bagian HRD nih yang sepertinya harus banyak baca ulasan di atas.
    Walaupun, sebagai bagian dari profesionalitas, kadang kita tetap harus melewati batas nyaman personal demi tetap tuntaskan pekerjaan kita ya.

    BalasHapus
  17. Jadi tau mengenai kepribadian intuitive, tapi intuitive sama intuiting ini sama nggak yah, pak? kalo diliat dari beberapa karakteristiknya ada yang sama ada yang beda.

    BalasHapus
  18. Senang banget sih kalau ada asesment bakat dan minat begini. Aku ingetnya dulu berbayar, bener nggak sih. Zaman aku sekolah pakai konsultan khusus untuk tahu minat dan bakat anak sesuai kemampuan. Sekarang udah diadakan di sekolah ya. Alhamdulillah banget ini.

    BalasHapus
  19. Anak aku jauh banget nih dari kepribadian intuitive, bisa dikatakan bertolak belakang. Tetapi masih kecil juga, kedepannya bisa berubah karena aku sendiri lagi berusaha agara si kecil selalu berani layaknya anak dengan kepribadian Intuitive.

    BalasHapus
  20. dengan adanya tes kepribadian intuitive bagi siswa, guru maupun orangtua bahkan anak itu sendiri jadi lebih tahu ya, kedepannya mereka sebenarnya cocok diarahkan ke mana.

    BalasHapus
  21. Jadi inget dulu ada temen sekelas pas SMA bilang saya cocoknya masuk psikologi aja, karena sering dijadikan tempat cerita teman-teman. Masya Allah, ternyata takdirnya emang keterima PMDK masuk psikologi 😁

    BalasHapus
  22. Assessment anak membantu mendeteksi potensi dan kebutuhan perkembangan mereka, memberikan panduan bagi pendidik dan orang tua dalam menyusun program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan individu, serta mengukur pencapaian dan progres perkembangan anak secara holistik.

    BalasHapus
  23. Kayaknya aku anak intuitive deh soalnya lebih peka dan mudah menyesuaikan diri dgn lingkungan, suka juga dgn hal yg berkaitan dgn psikologi. Sayang, dahulu tidak ada asesmen seperti ini shingga kurang tau bakat minatnya apa

    BalasHapus
  24. Mudah-mudahan para pelajar, khususnya kelas akhir jenjang SMA mempunyai gambaran dengan jurusan yang akan diambilnya ketika di perguruan tinggi kelak dengan penjelasan hasil asesmen minat dan bakat dari guru BK dan harapannya kelak apa yang menjadi konsentrasi belajarnya di kuliah benar-benar sesuai passion

    BalasHapus
  25. Adanya asesmen bakat dan minat ini bisa membantu anak, orang tua dan guru dalam mengarahkan pilihan masa depannya dan mengembangkan passion yang dimiliki.

    BalasHapus
  26. Adanya asesmen bakat dan minat ini benar-benar bisa membantu mendukung anak dalam menentukan jurusan. Setidaknya anak bisa lebih mantap menentukan pilihan yang sesuai dengan kemampuannya.

    BalasHapus

Posting Komentar