5 Pilihan Pondok Pesantren di Cisaat Sukabumi untuk Belajar Agama

2 komentar
Pondok Pesantren di Cisaat Sukabumi

Pondok pesantren di Cisaat Sukabumi termasuk pesantren yang jumlahnya banyak di wilayah Sukabumi. Beragam jenis pesantren ada di wilayah ini, termasuk pesantren tradisional, pesantren modern, pesantren tahfidz, sampai boarding school. 

Kali ini kita akan membahas beberapa pondok pesantren di Cisaat Sukabumi yang mudah-mudahan bisa menjadi referensi untuk para orang tua yang sedang mencari informasi tentang pondok pesantren di Sukabumi untuk tempat belajar agama anak-anak tercinta.

Rekomendasi Pondok Pesantren di Cisaat Sukabumi untuk Belajar Agama Anak-anak

Salah satu julukan Sukabumi adalah kota santri. Julukan ini dikenal masyarakat karena banyaknya jumlah pesantren dan juga santrinya di seluruh wilayah baik kota maupun kabupaten.

Cisaat merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Di wilayah ini lembaga pendidikan formal dan non formal sangat banyak sekali sehingga setiap paginya lalu lalang para pelajar dan aktivitas pendidikan selalu kentara terlihat.

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga yang juga banyak di Kecamatan Cisaat. Perkembangannya terus meningkat karena banyaknya orang tua saat ini yang memilih pesantren sebagai alternatif tempat pendidikan untuk anak-anaknya.

Berikut beberapa informasi tentang pondok pesantren di Cisaat Sukabumi yang mudah-mudahan bisa bermanfaat

1. Pondok Pesantren Al-Masthuriyyah

sumber: https://www.nu.or.id/daerah/

Pondok pesantren Al-Masthuriyyah merupakan salah satu pesantren legendaris di Sukabumi. Kehadirannya di Sukabumi sudah ada sebelum kemerdekaan Indonesia, tepatnya Al-Masthuriyyah berdiri semenjak tahun 1920.

Nama Al-Masthuriyah selalu terikat dengan nama ulama kharismatik pendirinya yaitu K.H. Masthuro. Beliau adalah seorang ulama yang lahir pada tahun 1901 di Kampung Cikaroya, Cisaat.

Di pesantren ini juga sudah lengkap dengan banyak pilihan pendidikan formal mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Dengan lengkapnya fasilitas pendidikan dan pengalaman yang sudah lama sekali dalam menjalankan proses pendidikan pesantren, Al-Masthuriyyah banyak menjadi tempat tujuan belajar para santri baik dari Sukabumi maupun dari luar kota.

Pondok pesantren Al-Masthuriyyah berada di jalan Cibolang Kaler, Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Lokasinya tidak sulit ditemukan karena berada di samping jalan raya dengan gerbang yang besar dan papan nama yang tampak jelas sekali di depannya.

2. Pondok Pesantren Sunanul Huda

Pondok pesantren di Cisaat Sukabumi selanjutnya adalah pondok pesantren Sunanul Huda. Letaknya tidak jauh dari pesantren Al-Masthuriyyah, kurang dari 1 kilometer, tepatnya di jalan Cikaroya, Cibolang Kaler, Cisaat.

Selain pesantren takhosus, di pondok pesantren Sunanul Huda juga tersedia lembaga-lembaga pendidikan formal mulai dari MI, MTs, dan MA. Dengan adanya berbagai lembaga pendidikan penunjang didalamnya menjadikan para santri mendapatkan baik ilmu pengetahuan umum dan juga ilmu agama tentunya.

Pondok pesantren Sunanul Huda sudah berdiri semenjak tahun 1997 dan kini mempunyai santri lebih dari 1400 jumlahnya. 

3. Pondok Pesantren Al-Qosasiyah

Masih di Kecamatan Cisaat, kini kita lanjut ke pondok pesantren Al-Qosasiyah. Pondok pesantren ini berlokasi di kampung Selaawi, Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat.

Pondok pesantren Al-Qosasiyah ini termasuk pondok pesantren tradisional yang sangat kental dengan kajian kitab kuningnya. Baru beberapa tahun terakhir ini Al-Qosasiyah membuka lembaga pendidikan formal untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah.

Al-Qosasiyah sanga legendaris dengan pimpinannya KH. Djunaedi As'ari atau lebih dikenal dengan sebutan Akh Nened. Kini setelah beliau tiada, estafet kepengurusan pesantren ini dilanjutkan oleh putra-putrinya.

4. Pondok Pesantren Al-Ma'tuq

Rekomendasi pondok pesantren di Cisaat Sukabumi

Referensi selanjutnya adalah Pondok Pesantren Al-Ma'tuq. Pesantren ini termasuk kategori pesantren modern dan terletak di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Cisaat. Lokasinya berbatasan dengan Kecamatan Kadudampit.

Pondok Pesantren Al-Ma'tuq berdiri pada tahun 1997 dan dibuka secara resmi oleh Bupati Sukabumi dan Duta Besar Kuwait pada waktu itu. Awalnya pesantren ini khusus untuk anak-anak yatim piatu dan dhuafa dengan pembelajaran semuanya gratis.

Kini Al-Ma'tuq telah berkembang dengan pesat. Selain masih menerima santri yatim dan gratis, Al-Ma-tuq telah membuka pendaftaran santri umum dengan pendidikan formalnya dari tingkat MTs dan MA. Biaya awal masuk ke pesantren ini berkisar dari 20 sampai 25 juta.

Karena banyaknya peminat yang masuk ke pondok pesantren di Cisaat Sukabumi ini sehingga dilakukan testing masuk ketika awal pendaftaran. Biasanya di awal tahun sekitar Januari Februari, pendaftaran sudah ditutup untuk proses pembelajaran awal tahun pelajaran pada bulan Juli.

5. Pondok Pesantren Nurul Huda

Pondok Pesantren Nurul Huda berlokasi di Cibolang Kidul, Cisaat. Pondok pesantren ini juga menyediakan fasilitas pendidikan formal di bawah naungan Kementrian Agama mulai dari MI, MTs, dan MA.

Untuk yang hanya akan mengikuti program pesantren saja, di Pondok Pesantren Nurul Huda Cisaat ini terdapat dua pilihan yaitu pesantren salafi dan pesantren takhosus untuk tahfidz Quran.

Saat ini kepengurusan Pondok Pesantren Nurul Huda dinakhodai oleh K.H Abdul Aziz, melanjutkan kepemimpinan Pendiri pesantren, K.H. Asep Saeful Alam.

Kelebihan Mengenyam Pendidikan di Pesantren

Dulu pesantren sering menjadi pilihan terakhir ketika anak tidak dapat masuk ke lembaga pendidikan formal yang diinginkannya sehingga sering kali dicap sebagai lembaga pendidikan tempat anak atau siswa buangan. Kini image itu sudah tidak berlaku, bahkan pesantren menjadi pilihan utama ketika anak-anak akan melanjutkan pendidikannya.

Kini banyak orang tua yang memilih pesantren karena dianggap mempunyai kelebihan dibandingkan lembaga pendidikan pada umumnya. Ketika menitipkan anak ke pesantren orang tua akan merasa tenang dengan pendidikan agama anak karena persentase pendidikan agama di pesantren sebanding bahkan lebih banyak dibandingkan pengetahuan umum.

Selanjutnya para santri juga akan selalu diawasi segalanya karena berada di lingkungan pesantren selama 1 x 24 jam dengan pendampingan dari para assatdiz pengurus. para orang tua akan merasa nyaman dengan pergaulan anak-anaknya di tengah banyaknya kasus pergaulan bebas pada anak-anak remaja saat ini.

Demikian informasi tentang pondok pesantren di Cisaat Sukabumi yang mudah-mudahan bisa menjadi referensi untuk para orang tua dalam mencari tempat terbaik untuk pendidikan anak-anaknya. Mudah-mudahan di tulisan lain kita bahas kembali pesantren lainnya karena memang jumlah pesantren di Sukabumi ini sangat banyak sekali jumlahnya. 

Related Posts

2 komentar

  1. Banyak pilihan pondok pesantren yang bagus di Sukabumi ya Mas Yonal, pastinya bakal jadi referensi buat nyekolahkan putra putri agar bisa mendapatkan pendidikan yang basic Islamnya lebih terarah, diharapkan akan bisa banyak mendapatkan value setelah menjadi lulusannya...Makasih atas sharing infonya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami-sami Mbak Nita
      Iya, di Sukabumi banyak sekali pilihan pondok pesantren untuk belajar agama, mulai yang tradisional sampai modern, semuanya ada di sini

      Hapus

Posting Komentar