Apa Itu e-Meterai? Fungsi, Beli di Mana, dan Cara Penggunaannya

74 komentar

Apa Itu e-Meterai?

Di zaman yang serba digital seperti saat ini mengurus dokumen-dokumen penting pun tak luput dari proses digitalisasi. Beberapa di antara kebutuhan dokumen penting seperti tanda tangan di atas meterai adalah contoh sebagian yang saat ini sudah menggunakan sistem digital baik untuk tanda tangan maupun meterai nya.

Hadirnya e-meterai ini adalah bentuk respon pemerintah dalam menyikapi banyaknya transaksi masyarakat yang sudah menggunakan dokumen elektronik. Dengan hadirnya e-meterai ini maka kekuatan dokumen elektronik yang dibubuhi e-meterai sama kuatnya dengan versi konvensionalnya.

Meterai yang ditempelkan di atas dokumen elektronik disebut dengan e-Meterai atau Elektronik Meterai, Sedangkan tanda tangan yang dibubuhkan disebut dengan tanda tangan digital. Baik e-Meterai dan tanda tangan digital adalah dua hal yang biasanya menjadi satu paket yang diperlukan untuk keperluan melengkapi dokumen elektronik ini.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas khusus tentang pengertian e-Meterai, fungsinya, cara mendapatkan, dan cara penggunaannya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk teman-teman yang membutuhkan informasi seputar e-Meterai ini.

Apa Itu e-Meterai?

Bentuk meterai konvensional berbeda dengan meterai elektronik, tetapi secara umum fungsi keduanya sama. Menurut e-meterai.co.id, e-meterai mempunyai definisi tersendiri

e-Meterai adalah salah satu jenis meterai dalam format elektronik yang memiliki ciri khusus dan mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang digunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik

Peraturan Menteri keuangan dalam PMK Nomor 133/PMK.03/2021 juga memberikan definisi untuk e-meterai ini

Meterai Elektronik adalah Meterai berupa label yang penggunaannya dilakukan dengan cara dibubuhkan pada dokumen melalui sistem meterai elektronik

Fungsi e-Meterai

Fungsi e-Meterai

Untuk fungsi e-meterai, pemerintah mengaturnya dalam Undang-undang No. 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai. Secara umum fungsi e-metera maupun meterai konvensional sama saja, keduanya berfungsi sebagai alat bukti di pengadilan.

Jika ada hal dari dua belah pihak yang penyelesaiannya harus dibawa ke pengadilan, maka surat-surat yang dibubuhi meterai dan tanda tangan adalah alat bukti yang kuat yang bisa dibawa ke pengadilan untuk menyelesaikan perselisihan. Sebaliknya, jika dokumen tidak disertai dengan meterai, maka dokumen tersebut tidak bisa menjadi alat bukti di pengadilan.

Dari keterangan tentang fungsi e-meterai ini kita bisa menyimpulkan betapa pentingnya setiap dokumen berharga untuk dibubuhi dengan e-meterai dan juga tanda tangan digital agar setiap transaksi yang melibatkan dua belah pihak menjadi lebih aman.

e-Meterai Bisa Dibeli di Mana?

Jika meterai konvensional bisa didapatkan di kantor pos dan toko-toko alat tulis, maka dimanakah kita bisa mendapatkan e-meterai? Berikut 5 distributor resmi e-meterai yang terdaftar di Peruri atau Percetakan Uang Republik Indonesia untuk mendapatkan e-meterai asli.

  1. PT Peruri Digital Security
  2. PT Mitra Pajakku
  3. PT Finnet Indonesia
  4. PT Mitracomm Ekasarana
  5. Koperasi Pegawai Swadharma

Teman-teman yang membutuhkan e-meterai juga bisa mendapatkannya melalui akun Privy. Privy adalah perusahaan penyedia identitas digital dan tanda tangan digital dengan komitmen untuk membantu masyarakat dengan kemudahan, kecepatan, dan keamanan yang sama maksimalnya dengan versi konvensional.

Cara Penggunaan e-Meterai yang Digabungkan dengan Tanda Tangan Digital di Platform Privy

Seperti sudah dibahas di awal bahwa tanda tangan digital dan e-meterai adalah dua hal yang menjadi satu paket dalam membuat dokumen berharga versi elektronik. Privy sebagai penyedia identitas digital dan tanda tangan digital memfasilitasi masyarakat untuk mempermudah proses dalam pembuatan dokumen elektronik yang dibubuhi tanda tangan digital dan e-meterai ini.

Setelah membeli e-meterai di distributor resmi yang bisa kita pilih dengan cara top up langsung maupun via sales Privy, selanjutnya langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menggabungkan tanda tangan digital dan e-meterai melalui platform Privy antara lain

  1. Buat akun Privy terlebih dahulu dan ikuti langkah-langkah prosedurnya sampai akun siap digunakan
  2. Langkah selanjutnya adalah pilih jenis workflow yang diinginkan, kemudian unggah dokumen yang akan dibubuhi dengan e-meterai
  3. Selanjutnya pilih menu ‘tandatangani dengan e-meterai’ dan kemudian pilih jenis dokumen yang akan dibubuhi
  4. Tempatkan e-meterai pada posisi yang diinginkan, klik ‘lanjutkan’ dan e-meterai berhasil dibubuhkan.

Cukup mudah kan cara penggunaan e-meterai ini? Jika e-meterai berhasil dibubuhkan pada dokumen penting milik kita, maka kita akan memiliki dokumen elektronik yang sah secara hukum dan sama kuatnya dengan dokumen dengan meterai konvensional.

Keunggulan Menggabungkan Tanda Tangan Digital dan e-Meterai di Platform Privy

Privysumber: https://privy.id/id/e-meterai

Dengan menggunakan fitur e-meterai Privy di platform Privy dalam menggabungkan tanda tangan digital dan e-meterai kita akan mendapatkan kelebihan-kelebihan yang akan membuat kita merasa aman dengan dokumen elektronik yang kita miliki. beberapa keunggulan tersebut seperti:

1. Proses Lebih Mudah dan Cepat

Penggunaan e-meterai akan membuat kita aman dari rasa khawatir dari materai robek atau hilang seperti halnya kekhawatiran umum ketika menggunakan meterai basah atau meterai konvensional. Dengan menggunakan platform Privy, kita akan lebih leluasa membubuhkan e-meterai ke dokumen elektronik dengan proses yang mudah dan juga cepat

2. Mencegah Pemalsuan

Menggunakan e-meterai dari distributor resmi yang ditunjuk Peruri yang pastinya memiliki fitur keamanan dan segel khusus yang hanya bisa terbaca dengan menggunakan aplikasi khusus dan digabungkan dengan teknologi tanda tangan digital dari platform Privy akan membuat dokumen berharga kita terbebas dari pemalsuan dan penyalahgunaan.

Demikian informasi tentang definisi e-meterai, fungsi, tempat membeli, cara menggunakan, dan cara menggabungkannya dengan tanda tangan digital di platform Privy. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi untuk teman-teman yang membutuhkan informasi tentang e-meterai untuk keperluan dokumen elektronik.

Related Posts

74 komentar

  1. iya nih, e meterai berguna banget. kerasa banget manfaatnya waktu dipakai pas daftar cpns lalu. dan kayaknya akan terus berguna selanjutnya

    BalasHapus
  2. Adanya inovasi baru dalam hal penggabungan e-meterai dengan tanda tangan digital di Platform Privy sebuah terobosan dunia dokumen di negara kita ya. Saya salut dan apresiasi banget. Menghindari adanya penipuan juga ya ini

    BalasHapus
  3. Saya awalnya mengira materai, padahal tulisan yang benar adalah meterai hehehe.
    Dan dengan adanya e-meterai ini, memang semakin memudahkan. Apalagi kalau pas harus menyelesaikan dokumen penting, dan jauh dari pembelian meterai fisik.

    BalasHapus
  4. Di era digital ini, banyak proses yang dulunya manual kini beralih ke online. Hal ini tak terkecuali dengan dokumen-dokumen penting yang kini banyak dibuat dalam format elektronik.
    E-meterai merupakan solusi praktis dan mudah untuk memenuhi kebutuhan meterai di era digital. Dengan menggunakan e-meterai, kita dapat mengesahkan dokumen elektronik dengan mudah dan aman.

    BalasHapus
  5. Banyak materai palsu ya sekarang. Pakai e-materai lebih aman dan terhindar dari pemalsuan.

    BalasHapus
  6. Saya termasuk yang sering menggunakan meterai dan tandatangan. Sepertinya memang sudah waktunya ganti ke e-meterai dan tandatangan digital. Coba deh nanti ekplor aplikasi Privy dulu.

    BalasHapus
  7. Kalau ada e materai jadi lebih mudah sih kak. Soalnya memang kita tinggal pasang-pasang aja dan beli via online. Aku juga beberapa kali pakai e materai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, sudah gak jaman lagi nih nempel-nempel meterai pakai lem. Belum lagi nantinya harus men-scan untuk dapat copy digitalnya. Dengan e-meterai, gak perlu nempel dan scan lagi.

      Hapus
    2. Iya mbak. Pengalaman kalau pakai lem tuh tangan jadi belepotan. Iya kalau lemnya model rol on gitu jadi lebih bersih. Tapi kan gak semua orang bawa lem tiap hari ya hehe
      Kalau ada ex materai jadi lebih enak.

      Hapus
  8. Sekarang udah ngga bingung lagi masalah perdokumentasian dan masalah materai karena sudah ada e materai, yang lebih efektif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kalo butuh tinggal beli e-materai. Nggak perlu ke kantor pos buat beli materai ya mbak.

      Hapus
  9. alhamdulillah jadi tahu, terutama cara pembelian dan penggunannya

    BalasHapus
  10. Baik e-materai maupun tanda tangan digital, menjadi fasilitas lengkap yang memudahkan urusan dokumentasi di era digitalisasi saat ini ya, apalagi juga legal di mata hukum

    BalasHapus
  11. molly pernah beli e-materai praktis dan murah. bisa dilakukan via online pula.

    BalasHapus
  12. Seiring perkembangan teknologi, transaksi elektronik bakal sering terjadi. Dan ini yg udh diantisipasi Privy utk turut mendistribusikan e-meterai.

    Aku udh coba produk e-meterai ini. Simple bgt penggunaannya. Semudah beli brg saat di e-commerce terkemuka.

    BalasHapus
  13. Praktis sekali ya. Terjamin aman pula. Apalagi di era ketika berbagai kontrak dan surat penting dikirimkan secara digital dan harus segera ditandatangani.

    BalasHapus
  14. Dengan adanya e-materai di Privy, Teman-teman yang kerjanya kebanyakan secara remote jadi terbantu. Nggak perlu banyak ngeprint dokumen untuk memvalidasi berkasnya. Bisa menggunakan tanda tangan digital dan e-materai juga.

    BalasHapus
  15. Hari gini emang lebih praktis pake ematerai sihh. soalnyaa kalo masih pake hardcopy trus minta dikirim keluar kota segala macem, hadeeuh ribetnya tripel :((

    BalasHapus
  16. Iya, sekarang emang lebih praktis menggunakan e materai ya
    Apalagi di era digital seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak, jadi hemat waktu.
      Ndak perlu keluar ruangan deh untuk cetak maupun membubuhkan tanda tangan pada dokumen.

      Hapus
  17. Berarti enak ya bikin akun Privy udah bisa dapat e-meterai dan kalo ngga salah juga bisa bikin identitas digital ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh. Kalau dulu, saat kita butuh dokumen ditempeli materai, maka kita harus ngeprint dulu. Eh sekarang nggak lagi.

      Tinggal bikin akun di Privy, terus beli e-materai. Lalu tempel deh.

      Hapus
    2. Iya banget mba males kudu print, beii meterai trus tempel. Nanti difoto lagi alamak rempong hihi. Kalo pake Privy enak banget ya

      Hapus
  18. Makai e-meterai ini memudahkan banget ya. Untuk membuat dokumen yg penting tidak perlu meterai manual yang harus ditanda tangani offline. Kini bisa online makin praktis.

    BalasHapus
  19. E-Materai ini sangat menguntungkan bagi yang tinggal di luar negeri seperti saya ini. Kemarin waktu mendaftarkan diri menjadi bagian dari tim PPLN, saya menggunakan ematerai ini yang dibubuhi di surat pernyataan. Mudah dan efektif.

    BalasHapus
  20. Aku pernah pakai aplikasi Privy saat baru pertama kali kerja di media, tapi emang efektif dan praktis banget ya di era digital kayak sekarang. Mending pakai e-materai, sih, daripada pakai materai yang biasanya dibeli kantor pos. Soalnya kecil jadi seirng hilangnya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah udah pernah coba ya mbak Anisa? menurutku juga sama sih lebih efektif e-materai, kalau aku sering keselip gitu mbak jadi pas dibutuhkan malah seringnya nggak kelihatan, hehe.

      Hapus
  21. Salah satu teman pernah cerita kalo pake e-materai tuh ribet. Tapi kalo pake aplikasi privy kayaknya lebih mudah dan cepat deh.

    BalasHapus
  22. Jaman digital jamannya serba praktis sih ya, bahkan e-meterai bisa jadi sebermanfaat itu. Apalagi kalo pakai platform Privy, gabungin tanda tangan plus e-meterai jadi mudah banget.

    BalasHapus
  23. saya sudah merasakan manfaat besar dari hadirnya e materai. memang memudahkan dan sangat efektif dan efisien. teknologi ini mempelancar urusan legalitas dokumentasi yang kalau secara konvensional ribet dan membutuhkan waktu cukup lama kan ya

    BalasHapus
  24. Sudah nggak zaman lagi sih ya beli materai fisik. Apalagi di zaman yang butuh kecepatan seperti sekarang ini. Digitalisasi sudah merambah berbagai bidang. e-materai jelas lebih memudahkan

    BalasHapus
  25. Dari segi kepraktisan, tentu dengan apps Privy, menjadi jauh lebih mudah.
    Dan dari segi keamanan pun terjamin.
    Tanda Tangan Digital dan e-Meterai di Platform Privy memang sangat membantu sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli bikin praktis ya, kak. Jadi satset no ribet club-club!

      Hapus
  26. E-meterai merupakan solusi praktis dan modern untuk pengurusan dokumen elektronik. Dengan kemudahan dan keamanannya, e-meterai menjadi pilihan tepat di era digital ini.

    BalasHapus
  27. Saya pernah beberapa kali kesulitan mencari materai. Karena butuhnya mendadak, trus toko yang jual udah tutup. Kalau ada e-materai kayaknya saya gak bakal pusing lagi. Justru malah jadi semakin mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama banget, Kak. Sudah kemalaman mau beli meterai, akhirnya e-meterai jadi solusi. Alhamdulillah ya memudahkan banget.

      Hapus
  28. Penting banget mengetahui e-materai dan cara membubuhkannya di dokumen, cukup gampang sih penggunaanya, semoga pemeratasn pengetahuan tentang e-materai melalui blog ini memberi manfaat bagi sesama

    BalasHapus
  29. Zaman serba digitalisasi ini semakin memudahkan kita untuk mengurus berkas-berkas ya pak. Semakin dimudahkan dengan adanya e-materai, nggak usah ribet dibawa-bawa apalagi yang bentuknya kecil sering banget hilang karena keselip entah di mana.

    BalasHapus
  30. Bagiku E-Meterai saat ini memang belum begitu banyak di gunakna banyak orang namun suatu saat kuyakin ini akan menjadi solusi yang tepat guna

    BalasHapus
  31. e-materai menjadi hal yang sudah biasa untuk memudahkan pengguna teknologi digital dalam pemberkasan. Sudah selayaknya pengguna digital mengetahui dan memahami cara pembelian e-materai dan penggunaannya.

    BalasHapus
  32. Aku termasuk orang yang rutin beli e-materai dan keberadaan privy ini membantu sekali untuk kerjaanku supaya lebih sat set hehehe

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah kalau ada e-materai jadi enggak usah ribet dan bingung beli materai konvensional di mana. Untuk dokumen digital emang cocoknya pakai e-materai ya.

    BalasHapus
  34. Pertama kali pakai emeterai pas ikut daftar cpns tahun lalu karena syarat yang harus pakai emeterai. Awalanya ngerasa agak ribet, karena belum terbiasa. Tapi sekarang udah semakin mudah, malah lebih suka pakai emeterai dari pada meterai fisik

    BalasHapus
  35. Untuk harga materai digital ini sama gak dengan yang fisik? Belum pernah nyobain, tapi penasaran gimana cara pakenya. Next kalau ada surat² yg butuh materai online patut dicoba hehe

    BalasHapus
  36. Kehadiran e-meterai semakin mempermudah kita kalau ada urusan kelengkapan surat-surat penting. Kalau pas tengah malam, kan sulit mencari meterai fisik. Pakai e-meterai urusan cepat selesai, hemat waktu dan tenaga. Terus banyak keuntungan meterai digital ini. Salah satunya tidak mudah rusak atau robek.

    BalasHapus
  37. Ternyata sebutannya meterai ya, saya biasa nyebutnya materai. Udah kebiasaan. Masih inget dulu kalo mau beli meterai itu mesti ke kantor pos. Sekarang sudah bisa dibeli beberapa toko. Bahkan di era digital seperti saat ini, sudah bisa beli e-meterai. Jauh lebih mudah dan efisien. Salah satunya e-meterai Privy

    BalasHapus
  38. Kalau digital gini selain lebih praktis juga lebih menghemat waktu sih menurut saya. Apalagi dokumen dengan e-materai dan ttd digital gitu juga kelihatan rapi dan representatif. Cuma memang perlu penyesuaian serta analisa yang baik terkait perubahan dari konven ke digital dan pihak ketiga yang akan digunakan. Keamanan dan kepraktisan menurut saya jadi hal yang harus ada.

    BalasHapus
  39. Sepertinya di masa depan e materai akan banyak digunakan ya karena lebih praktis dan efisien.

    BalasHapus
  40. Pas banget nih sekarang ada e-materai. Kapan itu ngurus HAKI di kampus. Duh, repot, ttd basah di atas materai fisik, scan digital, lalu upload ke web. Kan kalau ada e-materai gampang, ga usah ada berkas fisik.

    BalasHapus
  41. Makin gampang ya kak beli e-meterai sekarang. Dulu hrs dtg ke pos utk bs dapat harga sesuai nominal. Kalo di toko dkt rumah biasanya ada biaya margin utk keuntungan toko.

    Skrg udh ada Privy yg bs lgsg terkoneksi dgn e-meterai ini. Serta lgsg terkoneksi pula dgn dokumen yg ditandatangani scr digital beserta pembubuhan e-meterainya.

    BalasHapus
  42. sekarang semakin canggih dan mempermudah semua urusan ya termasuk dalam penggunaan materai ini, sekarang sudah ada e-materai yang akan membuat proses dokumentasi yang membutuhkan materai menjadi cepat dan mudah

    BalasHapus
  43. Wah beneran penting banget ini e-meterai. Kayak aku kemarin perlu bikin surat pernyataan untuk lomba anakku, baru ngeh kalau butuh meterai dan posisi sudah pukul 22.30-an. Mau keluar rumah kok ya sudah larut, akhirnya pakaie-meterai. Privy ini membantu banget deh, bikin sat set wat wet pokoknya.

    BalasHapus
  44. Dengan adanya, e materai ini sangat membantu kita semua dalam urusan perdokumenan, tapi sepertinya masih banyak orang-orang yang belum mengerti tentang e materai ini.

    BalasHapus
  45. Mudah ya beli materai di Privy, memudahkan banget untuk urusan online nih, jadi bisa langsung pakai dokumennya

    BalasHapus
  46. aku bersyukur banget sekarang udah ada e materai, sangat terbantu untuk urusan legalitas dokumen. gak perlu repot ke potocopian nyari nyari materai

    BalasHapus
  47. Waaah ternyata fungsi e-meterai, sudah diatur pemerintah di Undang-undang No. 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai ya kak dan sama aja kayak meterai yang fisik.

    BalasHapus
  48. Pas baca-baca mengenai e-Meterai, aku langsung kasih tau suami yang pekerjaannya sebagai kontraktor dan dekat dengan kebutuhan dokumen digital. Ternyata beliau bilangnya uda menggunakan aplikasi Privy sejak lama. Alhamdulillah, jadi lebih mudah yaa..

    BalasHapus
  49. E-materai ini mempermudah urusan legalisir pekerjaan ya, bisa dilakukan di mana saja tanpa perlu bolak balik print-scan kertas.

    BalasHapus
  50. Wah praktis banget ini pakai e-materai. Jadi gak takut dapat yang palsu dan tentunya lebih mudah dalam pemakaiannya. Jadi inget dulu kalau butuh materai kudu ke kantor pos dulu buat beli

    BalasHapus
  51. E materai ini punya banyak kelebihan. Kita jadi nggak susah beli keluar rumah, hemat kertas juga, sempat ribet belinya, tapi akhirnya bisa. Aku sih kemarin beli yang di privy, (supadilah/Padil)

    BalasHapus
  52. Wah aku baru tahu nih E materai.
    Bagaimanapun penting ya karena sudah banyak transaksi masyarakat yang sudah menggunakan dokumen elektronik. Dengan adanya e-meterai ini maka kekuatan dokumen elektronik yang dibubuhi e-meterai sama kuatnya dengan versi konvensionalnya.

    BalasHapus
  53. Sudah lama tidak mengurus berkas administrasi, jadi ketinggalan update tentang digitalisasi dokumen dengan e-materai dan tanda tangan digital. Jadi lebih memudahkan dan praktis ya pakai privy. Kelak kalau butuh bisa langsung meluncur ke privy.

    BalasHapus
  54. Belum pernah coba e-materai. Ternyata bisa lebih mudah dan praktis ya, kalau ada dokumen yang perlu dikasih materai. Tida usah repot beli fisik.

    BalasHapus
  55. Btw untuk dokumen yang pakai e materai kalo dicetak berarti nanti ada tanda khusus kalo dokumen itu ada materai digitalnya ya?

    BalasHapus
  56. Aku belum pernah makai e-materai ini. Kebetulan belum nemu aturan perjanjian kontrak kerjaan atau apalah gitu yg membuatku harus memakainya.

    BalasHapus
  57. Salah satu temen ku cerita kalo pake e-materai lebih ribet, mungkin karena harus diatur tata letaknya seperti memasukkan gambar di Microsoft Word dan belum terbiasa. Tapi setelah baca lagi artikel ini dan pengalaman teman-teman kayaknya lebih mudah pake e-materai ya.

    BalasHapus
  58. Kalau gitu, fungsinya sama dengan materai tempel biasa dong ya? E-Meterai ini pasti berguna banget buat yang sering urusan sama dokumen elektronik.. Tinggl mengubah kebiasaan aja sih y a

    BalasHapus
  59. wah thanks infonya kak, saya baru tau malah kl ada e-materai krn selama ini masih pakai materai biasa beli di warung hehe

    BalasHapus
  60. Belum pernah pakai e-materai juga sih kak tapi jaman sudah serna digital hadirnya e-meterai ini bisa jd bentuk dalam menyikapi banyaknya transaksi masyarakat yang sudah menggunakan dokumen elektronik lebuh praktis dn mengamankan ya

    BalasHapus
  61. selama ini aku berpikir menggunakan e-materai itu ribet eh setelah baca ini dengan mengunakan Privy sepertinya prosesnya menjadilebih mudah dan cepat y kak...

    BalasHapus
  62. Sekarang semua serba digital ya, materai pun juga bentuk elektronik dan ternyata gak seribet itu ya penggunaannya apalagi kalau pakai Privy ya. Belum pernah nih pakai e-materai, noted ini tempat belinya.

    BalasHapus
  63. E Materai ini benar-benar memudahkan kita ya. Kita jadi tak perlu lagi ke tempat fotocopy mencari cari materai untuk penguat dokumen kita. Btw, salut sama Privy, layanannya banyak membantu proses dokumen penting online lebih mudah

    BalasHapus
  64. Selama ini suamiku yang sering menggunakan e-meterai , memang ya penting jika setiap dokumen berharga dibubuhi dengan e-meterai dan juga tanda tangan digital agar setiap transaksi yang melibatkan dua belah pihak menjadi lebih aman. Senangnya kini keduanya bisa didapatkan di Platform Privy

    BalasHapus
  65. wah saya baru tau e-materai ini akhir tahun lalu saat mencoba mendaftar CPNS haha telat sekali. namun penggunaan e-materai ini memang sangat penting, apalagi jika membutuhkan persetujuan jarak jauh, jadi bisa menggunakan materai dan tanda tangan digital, untunglah ada Privy yang mudah mendapatkan keduanya

    BalasHapus

Posting Komentar