Berprestasi di Pentas PAI Sukabumi

2 komentar

Ketika sebagian sekolah sudah mulai banyak yang libur akhir tahun memasuki bulan Juni, ada beberapa siswa SMP yang harus masih kami bimbing untuk mempersiapkan acara Pentas PAI yang acaranya ada di pertengahan bulan Juni ini.

Tapi tak apa kita meluangkan waktu di masa-masa libur sekolah ini karena semua prosesnya menghasilkan prestasi anak-anak di Pentas PAI. Alhamdulillah dua siswa yang kita kirimkan keduanya menjadi juara pertama pada bidang lombanya masing-masing. Jadi terbayarkan semua proses persiapan menuju acara ini dengan piala dan sertifikat penghargaan yang diraih oleh mereka.

Apa itu Pentas PAI?

definisi Pentas PAI

Pentas PAI merupakan singkatan dari Pekan keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam. Program ini diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran atau MGMP Pendidikan Agama Islam tingkat SD sampai SMA.

Mengutip dari laman situs Kementerian Agama di kemenag.go.id, Direktur Pendidikan Agama Islam, Amin Haedari memberikan penjelasan apa itu Pentas PAI

Pentas PAI merupakan wahana aktualisasi diri siswa SD, SMP, dan SMA dalam hal pendalaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai Islam. Pentas PAI diselenggarakan untuk meningkatkan geliat keagamaan sekolah

Lomba-lomba dalam Pentas PAI

Pada pentas PAI tahun ini rencana awalnya kita akan mengirimkan tiga siswa untuk diikutkan pada perlombaan-perlombaan di dalamnya, tetapi kebetulan satu siswa sakit pada hari pelaksanaan Pentas PAI sehingga hanya 2 saja yang jadi diberangkatkan. Dua siswa yang ikut Pentas PAI mengikuti lomba MHQ dan MTQ. 

MHQ adalah singkatan dari Musabaqoh Hifdzil Qur'an sedangkan MTQ Musabaqoh Tilawatil Qur'an. Jika MHQ menitikberatkan pada kemampuan siswa untuk menghafal Qur'an, maka MTQ fokus penilaiannya pada keindahan bacaan Qur'an.

Sebenarnya masih banyak jenis perlombaan dalam Pentas PAI ini. Berikut jenis-jenis lomba selengkapnya

  • Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ)
  • Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ)
  • Pidato Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • Cerdas Cermat PAI
  • Kaligrafi
  • Olimpiade PAI

Persiapan-persiapan untuk Ikut Ajang Pentas PAI

Sebelum memberangkatkan perwakilan siswa untuk mengikuti perlombaan semacam Pentas PAI ini tentunya diperlukan persiapan-persiapan terlebih dahulu secara matang. Berikut beberapa contoh poin hal-hal yang bisa kita lakukan untuk persiapannya

persiapan lomba

1. Menganalisa Minat dan Bakat Siswa yang Sesuai dengan Jenis Lomba

Sebagai guru profesional tentunya kita harus paham dengan setiap bakat dan minat siswa. Jika diperlukan akan sangat baik kita melakukan asesmen minat dan bakat untuk mengetahui setiap karakter siswa ini.

Dengan mengetahui bakat dan minat siswa kita akan paham dengan setiap keunikan para siswa dan dari sana kita akan sadar bahwasanya tidak ada yang namanya siswa bodoh, yang ada adalah siswa berbakat dengan minatnya masing-masing. Dengan demikian kita akan dapat memberdayakan setiap potensi anak didik yang sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.

Dengan ragam perlombaan dalam Pentas PAI ini berarti kita harus paham mana-mana siswa yang berpotensi dalam setiap kategori yang diperlombakan dan akan kita kirimkan mewakili sekolah. Itu yang kami rundingkan dengan para pengajar sampai akhirnya pada kesimpulan mengirimkan siswa untuk mengikuti lomba MHQ dan MTQ.

2. Membimbing Siswa Secara Intensif

Jika sudah merasa menemukan siswa yang pas untuk dikirimkan dalam perlombaan, langkah selanjutnya adalah membimbing secara intensif siswa tersebut sebelum pelaksanaan perlombaan.

Tentunya tidak akan terlalu sulit jika memilih siswa yang sesuai bakat dan minatnya pada jenis perlombaan, tetapi tetap saja untuk mematangkan performa siswa, para pengajar harus membimbing agar siswa siap 100% untuk tampil dalam kompetisi.

3. Memberi Apresiasi Kepada Para Siswa

Dalam sebuah perlombaan, kalah menang adalah sebuah konsekuensi. Untuk itu perlu ditanamkan pemahaman itu kepada para siswa agar mental mereka siap dengan hasil apapun yang juri putuskan.

Baik kalah atau menang siswa perlu diapresiasi, karena yang pertama adalah mereka sudah berani tampil menjadi perwakilan sekolah kita di ajang perlombaan. Jika siswa down dengan kekalahan, jangan lupa besarkan hatinya untuk tetap semangat.

Kemenangan Adalah Sebuah Bonus

pentas PAI

Sungguh bahagia memang jika semua proses persiapan sebelum lomba berbuah manis dengan sebuah kemenangan dalam ajang yang kita ikuti, terlebih menjadi juara pertama. Namun tetap saja kalah menang sejatinya akan jadi pengalaman berharga baik bagi siswa maupun guru.

Kekalahan akan membuat kita semakin mawas diri betapa jika merasa hebatnya kita, ternyata di luar sana juga banyak potensi-potensi luar biasa yang tidak boleh kita remehkan sama sekali. Kemenangan pun demikian, seyogianya harus membuat kita tetap menggunakan ilmu padi agar tidak jumawa dengan raihan yang kita peroleh.

Alaa kulli hal, kami bersyukur dapat menjadi juara 1 pada dua lomba yang diikuti, juara 1 MHQ Putra dan juara 1 MTQ putri di Pentas PAI Sukabumi ini. Semoga kemenangan di ajang pentas PAI ini dapat menjadi semangat untuk tetap berprestasi dan yang terpenting adalah baik guru maupun siswa di sekolah dan pesantren tahfidz yang kami kelola bisa tetap istiqomah dalam mempelajari setiap cabang ilmu di sekolah, termasuk ilmu Al-Qur'an dalam Pendidikan Agama Islam atau PAI yang didalamnya ada cabang hafidz dan tilawah-nya.

Related Posts

2 komentar

  1. Lombanya beragam yaaa banyak dannada bonus hadiahnya, jadi membuat anak-anak lebih bersemangat buat memenangkan lomba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Teh, jadi pengalaman buat anak-anak juga mengenal teman-teman di luar sekolahnya dengan bakat dan minat yang luar biasa juga

      Hapus

Posting Komentar