Masalah Sampah di Sekolah yang Harus Dicari Solusinya

Posting Komentar


Masalah sampah di negeri kita masih menjadi PR besar yang tentunya harus dicari solusinya bersama-sama, termasuk masalah sampah di sekolah. Apalagi sekolah sebagai lembaga pendidikan sejatinya menjadi tempat untuk mensosialisasikan tentang sampah agar anak-anak tersadarkan bahaya sampah jika dibiarkan begitu saja tanpa mengambil aksi untuk menanggulanginya dengan cara mengurangi sampah di sekolah.

Banyak cara bisa dilakukan untuk menanggulangi masalah sampah di sekolah jika lembaga pendidikan serius ingin keluar dari lingkaran setan sampah ini. Salah satu contoh langkah nyata penanggulangan sampah adalah belajar pengelolaan sampah dari sekolah adiwiyata. Sekolah adiwiyata sendiri adalah sekolah yang telah berhasil dalam menerapkan sekolah peduli lingkungan dan diakui pemerintah dengan diberi penghargaan adiwiyata.

Masalah Sampah di Sekolah

Bersyukur sekali memiliki beberapa rekan-rekan pengajar yang tergabung dalam guru-guru yang peduli lingkungan sehingga sekolah mereka pun sangat terjaga kebersihannya karena support system yang baik dalam penanganan masalah sampah di sekolah. Tapi di sisi lain tidak bisa dipungkiri, masih banyak juga sekolah atau madrasah yang belum terlalu memprioritaskan masalah kebersihan lingkungan sekolah, bahkan pernah suatu kali melewati satu sekolah yang rumputnya sudah lumayan banyak dan tinggi namun sepertinya dibiarkan begitu saja. Miris.

Banyak masalah sampah yang harus dicari solusinya dan juga butuh sinergi yang serius dari berbagai pihak terkait untuk mewujudkan sekolah yang ramah lingkungan untuk membuatnya nyaman menjadi tempat belajar yang ideal. Berikut beberapa contoh masalah sampah dan alternatif solusi yang bisa di lakukan. 

cara mengurangi sampah di sekolah

1. Kurangnya Sosialisasi dari Sekolah Kepada Para Siswa tentang Sampah 

Tidak bisa dipungkiri masih banyak sekolah yang masih kurang dalam mensosialisasikan masalah sampah kepada para siswanya. Padahal sekolah memegang peranan penting dalam memberi pemahaman tentang masalah sampah ini.

Maka sejatinya kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga mempunyai kepekaan untuk membuat program menjadikan sekolah sebagai tempat yang terbebas dari sampah. langkah sederhana sosialisasi masalah sampah ini bisa disampaikan kepala sekolah pada amanat upacara setiap awal pekan. Selanjutnya kepala sekolah bisa bersinergi dengan para guru dan seluruh warga sekolah lainnya untuk berembuk dan mengambil langkah-langkah nyata yang bisa dilakukan dalam menanggulangi masalah sampah di sekolah.

2. Masih Kurangnya Fasilitas dari Sekolah untuk Penanggulangan Sampah

Idealnya sekolah memiliki fasilitas-fasilitas untuk mengurangi sampah di sekolah. Contoh sederhananya adalah tong sampah. Tong sampah sendiri baiknya adalah tong sampah dengan kategori tong sampah organik dan non organik.

Fasilitas lain yang sebaiknya dimiliki juga adalah alat-alat kebersihan yang memadai seperti sapu lidi, sapu ijuk, sikat, dan alat-alat kebersihan lainnya.Penunjang seperti spanduk atau flyer untuk mensosialisasikan masalah sampah juga akan sangat baik dimiliki sekolah,

3. Masih Banyaknya Siswa yang Belum Paham Tentang Dunia Sampah

Sekolah yang masih minim memberikan informasi seputar sampah dan juga minim fasilitas yang menunjang pengurangan sampah di sekolah akan berimbas pada kondisi para siswa yang tidak mempunyai pemahaman yang benar tentang bagaimana kita harus bersikap pada sampah.

Sekolah yang tidak mengindahkan sosialisasi sampah pada anak didiknya dikhawatirkan akan memiliki output yang tak akan peduli terhadap lingkungan di masa depan. Tentunya ini akan sangat membahayakan kondisi lingkungan kita jika terus dibiarkan.

sampah di sekolah

Siklus negatif seperti kondisi di atas harus dihentikan. Sekolah harus punya kepekaan untuk memberikan pemahaman kepada setiap siswa tentang kepedulian terhadap lingkungan. Anak-anak harus diberi pemahaman tentang dunia sampah, maka untuk itu sekolah sejatinya bisa mengenalkan jenis-jenis sampah pada anak dan bagaimana cara menanggulanginya. Sekolah yang bisa mengajak anak-anak peduli kepada lingkungan diharapkan dapat menjadikan lulusan-lulusannya menjadi orang-orang penjaga lingkungan sekitar di mana pun mereka tinggal.

Demikian beberapa masalah sampah di sekolah dan alternatif solusi yang bisa dilakukan untuk menanggulanginya. Semoga setiap sekolah bisa menjadi tempat yang nyaman untuk belajar dengan terciptanya sekolah yang peduli lingkungan dengan indikasi salah satunya terbebas dari sampah.

Related Posts

Posting Komentar