Mengapa Kuliah di Tiongkok? Berikut 7 Alasannya

19 komentar

pinjaman KTA

Terdapat pepatah yang mengatakan “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”. Pepatah tersebut bukanlah omong kosong belaka karena memang ada banyak alasan mengapa Tiongkok menjadi negara yang patut dipilih untuk melanjutkan studi. Alasan-alasan inilah yang membuatmu perlu melanjutkan studi S2 di sana dengan memanfaatkan pinjaman KTA.

Lantas, apa saja alasan dari berkuliah di Tiongkok? Ketahui jawabannya dengan tidak melewatkan pembahasan menarik berikut!

Alasan Berkuliah di Tiongkok dengan Memanfaatkan Pinjaman KTA

Seperti yang telah dibahas di atas, ada banyak alasan untuk berkuliah di Tiongkok. Berikut beberapa di antaranya.

Belajar Bahasa dan Kebudayaan Baru yang Penting untuk Karir

Masyarakat Tiongkok menggunakan bahasa Mandarin untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Menariknya, bahasa Mandarin juga digunakan oleh banyak perusahaan maupun pebisnis di dunia. Bahkan, bahasa Mandarin juga termasuk salah satu bahasa resmi di PBB.

Oleh sebab itu, bahasa Mandarin perlu dipelajari dengan baik. Cara mempelajari paling ampuh adalah dengan tinggal di negaranya. Dengan demikian, kamu bisa langsung mempelajarinya dari penuturnya langsung dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya bahasanya saja yang penting untuk dipelajari, namun juga kebudayaannya. Dengan demikian, kamu bisa memahami bagaimana orang-orang Tiongkok berinteraksi. Jadi, kamu tak akan kaget lagi kalau suatu hari harus menjalin kerja sama dengan pebisnis dari negara tersebut.

Pendidikan Berkualitas

Alasan lain yang membuatmu perlu melanjutkan studi S2 ke Tiongkok dengan memanfaatkan pinjaman KTA adalah kualitas pendidikannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya universitas-universitas di Tiongkok yang termasuk 100 besar perguruan tinggi terbaik di dunia. Bahkan, ada juga yang tergolong 20 besar.

Salah satu universitas tersebut adalah Universitas Peking. Universitas yang berada di Beijing ini menduduki peringkat ke-14 menurut QS World University Rankings terbaru. Menariknya, universitas ini mempunyai bangunan dengan nuansa khas Tiongkok yang kental.

Universitas terbaik di Tiongkok lainnya adalah Universitas Tsinghua. Universitas negeri yang juga berada di Beijing ini menduduki peringkat ke-20 menurut QS World Rankings sehingga tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Makanan Mirip dengan Indonesia

Khawatir makanan tidak cocok di lidah sehingga membuatmu tidak selera? Tak perlu dipikirkan karena banyak makanan di Tiongkok yang mirip dengan Indonesia. Misalnya adalah wonton yang mirip pangsit, jiaozi yang mirip siomay, hingga nasi goreng.

Dengan demikian, kamu bisa makan dengan lebih nyaman di sana. Hal ini akan membantumu untuk tetap berkonsentrasi selama berkuliah. Selain itu, makan yang cukup juga akan memberimu energi yang cukup dan membuatmu lebih segar serta sehat.

pinjaman bunga rendah

Jurusan Bervariasi

Alasan lain mengapa kamu perlu berkuliah S2 di Tiongkok dengan memanfaatkan pinjaman KTA adalah bervariasinya jurusan. Bahkan, banyak dari jurusan tersebut belum tersedia di Indonesia.

Hal ini membuatmu bisa belajar ilmu tertentu lebih dalam. Dengan demikian, kamu mempunyai spesialisasi khusus yang lebih dalam pula.

Spesialisasi khusus yang lebih dalam dan belum banyak dimiliki orang Indonesia akan membuat karirmu berpeluang untuk semakin berkembang. Terlebih lagi bila spesialisasi tersebut sesuai dengan karir yang kamu jalani saat ini.

Menariknya, ada universitas yang menyediakan jurusan dengan bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Jurusan seperti ini bisa dipertimbangkan kalau kemampuan bahasa Mandarinmu belum mencukupi untuk mengikuti kegiatan akademik.

Menjalin Relasi

Di Tiongkok, ada banyak mahasiswa internasional dari beragam penjuru dunia yang berkuliah. Oleh sebab itu, kamu akan mendapatkan relasi yang lebih luas bila berkuliah di sana.

Relasi ini penting bagi pengembangan karirmu. Kamu bisa saja menyarankan orang-orang yang dikenal saat berkuliah di Tiongkok ke perusahaanmu untuk menjalin kerja sama. Siapa tahu kamu akan ditunjuk sebagai kepala proyek kerja sama tersebut, bukan?

Selain itu, relasi ini juga penting bila kamu ingin membangun bisnis sendiri untuk menambah penghasilan. Terlebih lagi kalau kamu bermimpi untuk mempunyai bisnis berskala internasional.

Bagus untuk CV

Mencantumkan Tiongkok di bagian riwayat pendidikan dalam CV atau curriculum vitae akan membuatmu terlihat lebih berkualitas. Itulah mengapa kamu perlu melanjutkan kuliahmu di Tiongkok dengan memanfaatkan pinjaman bunga rendah.

Ada beberapa manfaat bila kamu mempunyai CV yang berkualitas. Manfaat pertama adalah ilmumu akan lebih diakui oleh orang lain. Terlebih lagi kamu mendapatkannya di Tiongkok, salah satu negara dengan pendidikan berkualitas.

Selain itu, kamu akan terlihat lebih profesional dan kredibel di mata klien atau orang lain yang bekerja sama denganmu. Jadi, mereka tidak akan meremehkan dan lebih yakin akan hasil kerjamu.

Banyak Aktivitas Menarik

Tak hanya berkuliah saja, ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama berada di Tiongkok. Salah satunya adalah berwisata ke bangunan bersejarah, seperti kuil-kuil hingga Kota Terlarang yang populer di Beijing.

Selain itu, kamu juga bisa menambah ilmu dengan cara yang menarik. Misalnya dengan mengunjungi Tianjin Binhan Library, perpustakaan modern ternama di dunia yang mempunyai 1,2 juta buku.

Terdapat banyak alasan mengapa Tiongkok sangat direkomendasikan untuk kamu jadikan tujuan melanjutkan studi S2. Jika kamu benar-benar berniat, maka sebaiknya persiapkan diri dan dana pendidikan sejak sekarang. Apabila perlu, kamu bisa mengandalkan pinjaman KTA yang tepat, yaitu DBS KTA.

DBS KTA merupakan produk pinjaman bunga rendah yang menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahan untukmu. Limitnya mencapai Rp300 juta dengan bunga flat yang kompetitif mulai 0.88% per bulan. Kamu bisa fleksibel dalam melakukan cicilan, karena tenor kredit ini sampai 36 bulan.

Jadi, tunggu apalagi? Segera apply DBS KTA untuk melanjutkan studi S2 di Tiongkok! Informasi lebih lanjut tentang pinjaman KTA ini bisa kamu peroleh di sini.

Related Posts

19 komentar

  1. Pengen nyoba kuliah luar negeri. Kayanya seru dan sekalian healing disana. Makanannya juga enak, khas chinese food....



    Newsartstory

    BalasHapus
  2. Beberapa teman SLTA banyak yang memilih untuk melanjutkan studi ke Tiongkok. Selain banyaknya program beasiswa yang ditawarkan, ada berbagai manfaat dan hal menarik yang bisa didapatkan di Tiongkok. Jadi pengen kuliah lagi jadinya. ~hehe

    BalasHapus
  3. Temenku yang satu jurusan kuliah ada yang sekarang studi di tiongkok, dan dia kalau traveling bisa mampir ke Jepang atau Korsel, katanya juga lebih dekat. Hehehe.. Di sana memang pusat studi berbagai bidang dan peminatnya juga cukup banyak. :D

    BalasHapus
  4. Tiongkok termasuk negara maju. Jadi pendidikannya pun juga bagus. Apalagi di Indonesia sering bekerjasama dengan Tiongkok. Bisa jadi ilmunya akan kepake juga karena pas

    BalasHapus
  5. Yang pasti kalau sampai bisa kuliah di Tiongkok, bakalan nambah pengalaman seru dalam hidup.

    BalasHapus
  6. barter gitu ya Mas, orang Tiongkok banyak yang masuk Indonesia tuk kerja di pertambangan, di Sulawesi banyak banget tuh yang datang ke sini kerja.
    kuliah di Tiongkok asik sih ya, soal makan juga gak begitu pusing ya karena di Indonesia pun juga sudah terbiasa dengan Chinese food gitu ya.

    BalasHapus
  7. Aku tuh pernah kursus bahasa mandarin dengan harapan bisa ngelanjutin kuliah ke Tiongkok tapi keburu diterima kerja jadi lupa deh sama cita2 kuliah di Tingkok...

    BalasHapus
  8. Jujur, kalo di Medan itu, beberapa perusahaan mengharuskan bisa bahasa Mandarin lho. Tapi memang, Tiongkok bisa jadi destinasi buat belajar paling oke sih.

    BalasHapus
  9. Jujur pengin bangeeet kuliah di tiongkok juga, S2 sambil bawa keluarga hihihi. Karena dulu udah ada rencana buat lanjut kuliah, tapi belum terwujud. Bismillah tahun depan bisa berangkat kuliah s2 di LN beasiswa bisa bawa keluarga jugaaa

    BalasHapus
  10. Studi abroad emang selalu bikin excited 😍 dari dulu pengen pjnya pengalaman kuliah di luar negri tapi terbentur perizinan ortu haha..
    Tapi belum pernah kepikiran ke tiongkok sih.. baca artikel ini jadi terbuka juga wawasan kuliah di tiongkok

    BalasHapus
  11. Saya juga punya sepupu yg kuliah di tiongkok. Abis itu dapat kerja gak pake lama & gajinya gede. Memang mantap deh lulusan2 dari sana.

    BalasHapus
  12. Ngebayangin bisa kuliah S2 di Tiongkok pasti asik banget yaa. Pendidikannya udah pasti bagus, relasi juga pasti gak kaleng-kaleng. Untuk kuliner juga cocok banget di lidah orang indo. Apalagi bisa jalan2 karna Tiongkok ini kan punya banyak wisata terutama wisata sejarah. Solawatin dulu aja kali yaa. Semoga ada kesempatan ke sana.

    BalasHapus
  13. Menarik, apalagi lulusan dari luar negeri sepertinya masih cepat dapat pekerjaan. Btw, soal makanan. Jenisnya sih banyak yang familier dengan kita. Kalau kehalalannya gimana ya? Gampang nggak ya cari makanan halal di sana?

    BalasHapus
  14. keren juga nih kuliah di tiongkok, teringat sebuah novel yang berjudul Cinta Suci Zahrana yang kuliah di Tiongkok, ternyata jadi representasi dunia juga yah

    BalasHapus
  15. Ternyata di tiongkok makanannya masih mirip sama di Indonesia ya, baru tau, aku kira bakal mirip jejepangan gituu. Kerenn nih kuliah di tiongkok

    BalasHapus
  16. Wah jadi keingetan sama temenku yang kuliah S2 dan S3 di Tiongkok. Alhamdulillah sekarang udah jadi dosen di Indonesia. Semoga anak-anakku bisa kuliah ke luar negeri. Boleh-boleh nih Tiongkok jadi salah satu negara yang dituju. Aamiin. :D

    BalasHapus
  17. Aku punya kenalan kuliah di Tiongkok juga ambiol jurusan bahasa sejak S1. Di sana kalau soal makanan sih mudah aja kok. Makanan halal mudah ditemukan. Apalagi kalau masak sendiri bisa lebih menghemat pengeluaran.
    KTA DBS ini jadi boleh apply dengan alasan buat dana pendidikan ya? Atau memang ada program khususnya begitu?

    BalasHapus
  18. Bener banget kalau harus mengejar ilmu sampai ke negeri Cina. Gimana ngga? Universitas-universitas Tiongkok masuk 100 besar perguruan tinggi terbaik dunia lhooo. Sekalian belajar bahasa Mandarin yang sekarang udah banyak digunakan selain bahasa Inggris. Masuk jadi salah satu bahasa resmi PBB kan.

    BalasHapus
  19. Kuliah di Tiongkok memang menarik. Coba saja kalau aku masih muda gitu, pengin banget deh menimba ilmu ke sana.

    BalasHapus

Posting Komentar