Rekomendasi Universitas yang Ada Jurusan PGSD di Jakarta

2 komentar

Universitas yang Ada Jurusan PGSD di Jakarta

Jakarta termasuk kota yang serba ada di dalamnya termasuk dalam hal fasilitas pendidikan mulai dari dasar sampai perguruan tinggi. Perguruan tingginya juga termasuk lengkap, tak terkecuali universitas yang ada jurusan PGSD di Jakarta pun banyak dicari oleh para calon mahasiswa.

Untuk teman-teman yang sedang mencari informasi di universitas mana saja di Jakarta yang terdapat jurusan PGSD kali ini kita akan membahas tema ini. Next kalian bisa memilih mana yang kira-kira paling cocok buat kuliah sesuai kepribadian nantinya.

5 Pilihan Universitas yang Ada Jurusan PGSD di Jakarta

Jakarta dengan segala dinamika sebagai kota metropolitan tetap memiliki daya tarik yang luar biasa dalam segala aspek, termasuk dalam dunia pendidikan. Banyak perguruan tinggi di Jakarta baik negeri maupun swasta yang menjadi incaran para calon mahasiswa untuk dijadikan tempat kuliah setelah lulus SMA dan sekolah sederajat lainnya.

Program studi PGSD termasuk jurusan yang juga banyak diminati oleh para calon mahasiswa karena tingginya animo yang bercita-cita menjadi seorang pengajar di sekolah dasar. Untuk itu setiap tahunnya program studi PGSD ini tidak pernah sepi peminat di tiap perguruan tinggi, termasuk di Jakarta.

Kali ini kita akan membahas beberapa rekomendasi universitas yang ada jurusan PGSD di Jakarta untuk kalian yang sedang mencari informasi untuk persiapan kuliah jurusan guru nanti. So, baca terus sampai selesai, ya.

program studi PGSD

1. Universitas Negeri Jakarta (FIP-UNJ)

Rekomendasi pertama untuk universitas yang ada jurusan PGSD di Jakarta adalah Universitas Negeri Jakarta atau juga dikenal dengan sebutan UNJ. UNJ ini adalah universitas yang berstatus negeri dan program studi PGSD di Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ sendiri mempunyai data saat ini dengan 35 dosen dan 1000 lebih mahasiswa. 

UNJ mempunyai visi untuk menjadi lembaga pendidikan yang dapat menghasilkan guru untuk sekolah dasar yang memiliki karakteristik unggul, bermoral, dan inovatif di kawasan Asia. Teman-teman yang tertarik untuk kuliah PGSD di UNJ dapat melihat website https://fip.unj.ac.id/ untuk informasi lebih jelas atau dapat juga berkirim email ke pgsdfip@unj.ac.id.

2. Universitas MH. Thamrin

Universitas MH. Thamrin adalah perguruan tinggi yang berlokasi di jalan Raya Pondok Gede, Kramat Jati, Jakarta Timur. Program studi PGSD di Universitas Thamrin sendiri mempunyai cita-cita unggul dalam hal akademik dan profesional dalam pendidikan pengajar SD dengan memiliki orientasi global dan adaptif dengan perkembangan teknologi dan informasi serta memiliki jiwa kewirausahaan.

Teman-teman bisa mengakses website Universitas Thamrin di thamrin.ac.id/page/pgsd untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang program studi PGSD. Nomor kontak yang dapat dihubungi juga tersedia di 021-8096411

3. Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul memiliki 3 kampus yang salah satunya berlokasi di Jakarta, tepatnya di Jalan Arjuna Utara, Kebon Jeruk. Website Universitas Esa Unggul yang bisa diakses untuk mendapatkan informasi seputar program studi PGSD ada di https://kk.esaunggul.ac.id/s1-pendidikan-guru-sekolah-dasar-pgsd.

Selain kelas reguler, Universitas Esa Unggul juga memiliki program kuliah PGSD kelas karyawan untuk mengakomodasi teman-teman yang bekerja tetapi berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan program studi PGSD.

4. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA)

Rekomendasi selanjutnya untuk universitas yang ada jurusan PGSD di Jakarta adalah Universitas Muhamaddiyah Prof. Dr. Hamka yang terkenal dengan sebutan UHAMKA. Universitas ini untuk Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) beralamat di jalan Tanah Merdeka, Ciracas, Jakarta Timur.

Dalam menjalankan program studi PGSD di UHAMKA, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan di sana mempunyai visi untuk membentuk lulusan yang berkarakter profetik yang mampu mengembangkan inovasi dalam pembelajaran, karir keguruan, dan bidang keilmuan pendidikan dasar. Teman-teman yang tertarik dengan program studi PGSD di UHAMKA dapat mengakses https://fkip.uhamka.ac.id/pendidikan-guru-sekolah-dasar/ untuk informasi lebih lengkap atau bisa juga datang ke kampusnya langsung di Ciracas, Jakarta Timur.

5. Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)

Universitas Muhammadiyah Jakarta memiliki program studi PGSD pada Fakultas Ilmu Pendidikannya dengan akreditasi unggul pada tahun 2023 lalu. UMJ ini memiliki dua kampus, yang pertama di jalan K.H Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat, sedangkan yang kedua di jalan Cempaka Putih Tengah, Cempaka Putih, Jakarta.

Teman-teman juga bisa melihat program studi PGSD di UMJ lebih lengkap lagi di website resmi UMJ di https://umj.ac.id/fakultas/fakultas-ilmu-pendidikan/, juga bisa menghubungi email bagian humas jika ada yang ingin ditanyakan di humasfip@umj.ac.id.

Masa Program Studi, Gelar, dan Propek Lulusan PGSD

Propek Lulusan PGSD

Secara umum lama perkuliahan di PGSD adalah 8 sampai 10 semester atau 4 sampai 5 tahun. Dalam kurun masa itu kewajiban SKS yang harus terpenuhi lebih kurang antara 144 sampai 146 SKS atau tergantung perguruan tinggi masing-masing.

Gelar yang akan didapat setelah menyelesaikan seluruh proses perkuliahan dari awal sampai akhir adalah S.Pd yang merupakan singkatan dari Sarjana Pendidikan.

Prospek lulusan dari PGSD sangatlah tinggi mengingat banyaknya kebutuhan akan guru sekolah dasar di setiap daerah. Menurut data dari DetikEdu, Indonesia pada tahun 2024 saja masih kekurangan 1 juta lebih guru untuk mengisi kekosongan karena adanya proses mutasi keluar guru yang pensiun.

Demikian informasi tentang universitas yang ada jurusan PGSD di Jakarta baik negeri maupun swasta. Teman-teman yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan mengambil program studi PGSD di sekitar Jakarta mudah-mudahan sudah punya gambaran universitas mana yang akan dituju kelak, ya.

Related Posts

2 komentar

  1. Wah bisa direkomendasikan buat yang tertarik dengan menjadi pengajar SD nih Mas Yonal. Aku dulu pernah ndaftar pendidikan di Unes semarang dan satunya sebenernya pengen PGSD tapi belum keterima akhirnya ndaftar jurusan lain...memang jodohnya di situ.

    BalasHapus
  2. Dulu aku punya temen kos dan kuliah di jurusan PGSD. Dan aku baru tau kalau ada jurusan PGSD, kaget juga waktu dikasih tau dikampus dia ada jurusan itu, karena kita beda kampus saat itu.
    Prospek lulusan PGSD bagus juga, kalau aku baca berita atau denger dari cerita temen, ada beberapa sekolah yang kekurangan tenaga pengajar, terutama untuk sekolah yang berlokasi agak jauh dari pusat kota

    BalasHapus

Posting Komentar