Kegiatan Aksi Bersih-bersih Nasional Serentak Menyambut Hari Pramuka

Posting Komentar
Kegiatan Aksi Bersih-bersih Nasional Serentak

Dalam rangka menyambut Hari Pramuka pada tahun 2024 ini Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan program Aksi Bersih Nasional yang diselenggarakan serentak pada Jumat, 9 Agustus 2024. Semua lembaga pendidikan baik di lingkungan Kementerian Pendidikan maupun Kementerian Agama ikut serta dalam menyukseskan kegiatan positif ini.

Madrasah yang berada di bawah ruang lingkup Kementerian Agama di Kabupaten Sukabumi pun tak ketinggalan. Atas instruksi yang diperkuat oleh surat dari Kementerian Agama untuk seluruh kepala RA, MI, MTs, dan MA di seluruh Kabupaten Sukabumi untuk turut serta melaksanakan Aksi Bersih Nasional di lingkungan satuan pendidikan masing-masing sebagai aksi kecil lindungi bumi.

Aksi Bersih Nasional Serentak di Lingkungan Madrasah

Dalam rangka menyambut hari Pramuka ke-63 di tahun 2024 ini ada beberapa program Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang diselenggarakan, termasuk salah satunya adalah kegiatan aksi bersih nasional serentak di seluruh Indonesia. Tentunya ini sangat positif dan mendapat dukungan dari seluruh sekolah dan madrasah di seluruh Nusantara.

Madrasah-madrasah di Kabupaten Sukabumi tak kalah antusias dalam melaksanakan program Aksi Bersih Nasional ini. Di banyak media sosial rekan-rekan pengajar banyak membagikan dokumentasi kegiatan bersih-bersih yang dilaksanakan di lingkungan satuan pendidikan masing-masing.

Kegiatan Aksi Bersih Nasional ini bisa menjadi salah satu alternatif solusi banyaknya masalah sampah di sekolah. Momen ini bisa menjadi batu loncatan untuk dijadikan kegiatan rutinan di sekolah yang belum memiliki program bersih-bersih dalam rangka mengurangi sampah di lingkungan sekolahnya.

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan aksi bersih nasional serentak dalam rangka menyambut Hari Pramuka di beberapa madrasah, khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

1. MA Raudlotul Ulum

Aksi bersih-bersih Nasional

MA Raudlotul Ulum adalah lembaga pendidikan setara SMA yang berada di jalan Pendidikan KM.02 Desa Citamiang. Madrasah ini berada di bawah yayasan Raudlotul Ulum.

MA Raudlotul Ulum memiliki program Jumsih atau Jumat Bersih setiap pekannya sebelum melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Kebetulan program Aksi Bersih Nasional ini juga bertepatan dengan hari Jumat sehingga momen ini tidak sulit dilaksanakan karena sudah menjadi program rutin pekanan. 

Yang membedakan dalam kegiatan kali ini adalah para siswa memakai seragam pramuka karena momennya dalam rangka menyambut hari Pramuka.

Aksi bersih-bersih ini dilaksanakan di lingkungan sekitar madrasah. Karena yayasan Raudlotul Ulum memiliki beberapa lembaga pendidikan, maka area pembersihan dibagi beberapa titik. Untuk MA melaksanakan kegiatan ini mulai dari area MA dan berlanjut ke arah barat.

2. MTs Raudlotul Ulum

Hari Pramuka

MTs Raudlotul Ulum adalah lembaga yang sama dengan MA Raudlotul Ulum yang berada di bawah yayasan Raudlotul Ulum. Madrasah ini setara dengan tingkat SMP di sekolah Dinas Pendidikan.

jumat bersih

Setelah melaksanakan salah Dhuha bersama dengan MA Raudlotul Ulum, para siswa MTs dengan bimbingan para pengajarnya ikut serta dalam kegiatan aksi bersih nasional di lingkungan madrasah dan berlanjut ke arah timur.

3. MI Cisarua

MI Cisarua Kadudampit

MI atau Madrasah Ibtidaiyyah Cisarua adalah lembaga pendidikan yang berlokasi di Kampung Cisarua, Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit. Lokasi sekolah ini berbatasan dengan Desa Citamiang.

MI Cisarua juga ikut serta dalam meramaikan kegiatan Aksi Bersih Nasional di lingkungan madrasah dan sekitarnya. Semua siswa setiap kelasnya dibimbing oleh wali kelas masing-masing melaksanakan kegiatan bersih-bersih mulai dari kelas dan dilanjutkan di lingkungan sekitarnya, termasuk dua dokumentasi kegiatan bersih-bersih dari kelas 3.B yang dibimbong wali kelasnya, Ibu Lisna.

Aksi Bersih Nasional, Program Positif dalam Pengamalan Dasa Dharma Pramuka

Program Aksi Bersih Nasional dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka merupakan gerakan yang sangat baik dalam rangka menyambut Hari Pramuka Nasional ke-63 di tahun 2024. Kegiatan ini merupakan bentuk pengamalan Dasa Dharma Pramuka khususnya poin kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

Program bersih-bersih serentak ini merupakan kegiatan yang termasuk salah satu cara mengurangi sampah di sekolah yang pantas diapresiasi dan didukung untuk seluruh masyarakat untuk mengajarkan anak-anak didik di sekolah tentang urgensi menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup yang harmonis antara kita sebagai manusia dengan alam tempat kita tinggal.

Semoga kegiatan ini menjadi langkah positif kedepannya agar aksi bersih-bersih di lingkungan sekolah menjadi sebuah kebiasaan yang digalakan, bukan semata gerakan simbolis dalam merayakan suatu momen. Dengan adanya kesadaran seluruh siswa akan tanggung jawab menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal diharapkan akan terus menjadi kebiasaan yang akan terus terbawa sampai dewasa sehingga dimanapun berada kelak mereka akan menjadi agen-agen perubah yang selalu peduli terhadap lingkungan untuk selalu dijaga kebersihannya.

Related Posts

Posting Komentar