Rekomendasi 5 Universitas yang Bisa Kuliah Online

1 komentar

 

Universitas yang Bisa Kuliah Online

Banyak orang yang ingin bisa duduk di bangku kuliah untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus dari SMA, namun memang tidak semua bisa menjalaninya karena satu dan lain hal. Salah satu alasannya adalah karena setelah lulus sekolah tingkat SMA sederajat ada sebagian yang harus memilih kerja karena alasan kebutuhan ekonomi dan meninggalkan cita-cita untuk berkuliah.

Setelah adanya sisten kuliah online, cita-cita untuk melanjutkan kuliah bagi yang sudah kerja kembali membuka harapan bagi mereka. Sistem perkuliahan online memungkinkan setiap mahasiswanya untuk dapat tetap melanjutkan pekerjaan sambil menimba ilmu di perguruan tinggi dengan sistem daring.

Maka langkah yang harus dilakukan untuk teman-teman yang berminat untuk mengikuti kuliah online adalah mencari perguruan tinggi atau universitas yang bisa kuliah online untuk tempat belajar kelak. So, here they are rekomendasi universitas yang memiliki sistem kuliah online untuk refererensi teman-teman, mudah-mudahan salah satunya bisa cocok untuk tempat kuliah online kelak.

Universitas yang Bisa Kuliah Online

Kemajuan zaman saat ini kentara dengan seba digitalisasinya segala aspek dalam kehidupan kita, termasuk dalam dunia pendidikan. Dunia pendidikan yang dulunya kita jalankan secara konvensional saat ini telah mengalami kemajuan dan perkembangan dengan adanya sistem belajar online.

Pembelajaran online di setiap jenjang dimulai saat dunia terkena pandemi covid-19. Saat itu kita dipaksa untuk beradaptasi dengan cepat dengan teknologi agar dapat tetap belajar di rumah saja dengan menggunakan sistem online.

Kini setelah kita kembali dalam kondisi new normal pendidikan dengan sistem online menjadi sesuatu yang sudah biasa dan bahkan diadaptasi menjadi sistem pendidikan di beberapa universitas untuk menjadi alternatif solusi bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi  dengan waktu yang fleksibel.

Berikut beberapa contoh universitas yang bisa kuliah online untuk referensi teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi

pilihan universitas untuk kuliah onine

1. Bina Nusantara (Binus)

Salah satu perguruan tinggi yang menawarkan program kuliah online adalah Universtas Bina Nusantara atau yang dikenal juga dengan sebutan Binus. Binus sendiri adalah universitas swasta terbaik pertama di Indonesia versi UniRank.

Universitas Bina Nusantara mempunyai sistem pendidikan online yang disebut dengan BOL yang merupakan singkatan Binus Online Learning. Teman-teman yang mau kuliah di sini pastinya akan aman, karena Binus Online Learning ini terakreditasi sebagai kampus online terbaik.

2. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia memiliki sistem pendidikan online mulai dari tahun 2002. Teknis kuliah online di UI menggunakan sistem Credit Earning di mana mahasiswa dapat mengambil beberapa mata kuliah yang dilakukan secara daring dan kemudian dapat memiliki transkip nilai apabila program tersebut diikuti sampai selesai dan mengikuti evaluasi serta dinyatakan lulus di mata kuliah tersebut.

3. Universitas Gajah Mada (UGM)

eLISA adalah nama sistem pendidikan online milik UGM. eLISA sendiri adalah singkatan dari eLearning System for Academic Community. Sistem pembelajaran ini banyak diminati oleh para mahasiswa dan juga dosen di UGM.

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sebagai kampus yang terkenal dengan teknologinya, ITB memfasilitasi para mahasiswa di sana untuk dapat juga menikmati sistem pembeajaran online dengan sistem dan perangkat yang sangat menunjang. ITB mempunyai Studio e-Learning untuk parra mahasiswanya belajar dan mengembangkan potensi dalam bidang multimedia.

5. Universitas Terbuka (UT)

Universitas Terbuka sudah banyak dikenal sebagai perguruan tinggi untuk kuliah secara online. Universitas Terbuka banyak dipilih oleh orang yang ingin kuliah secara online karena selain sistem belajarnya yang fleksibel juga biayanya yang lebih terjangkau.

Universitas terbuka banyak menjadi rujukan untuk menjadi tempat kuliah online bagi para karyawan sehingga Universitas Terbuka ini dikenal juga sebagai tempat kuliahnya kelas karyawan.

Universitas yang Bisa Kuliah Online Mana yang Menjadi Pilihanmu?

kuliah online

Banyak pilihan universitas yang bisa kuliah online untuk kita pilih. Yakinkan pilihan kita sudah matang dengan mempertimbangkan jurusan kuliah sesuai kepribadian kita yang akan diambil dan juga estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk masa perkuliahan semester demi semesternya.

Semoga teman-teman yang berniat untuk melanjutkan kuliah di universitas yang bisa kuliah online  dapat dimudahkan jalannya dan cita-cita untuk duduk menimba ilmu di perguruan tinggi dapat berjalan lancar dalam prosesnya serta setelas selesai kelak semua ilmu yang didapat menjadi ilmu yang dapat bermanfaat untuk kehidupan kita kelak.

Related Posts

1 komentar

  1. Wah ternyata UI ada kuliah onlinenya juga yak, hehee jujur aku lagi nyari2 tempat kuliah yang bisa online memang :(( pengen banget bisa kuliah lagi tp sambil momong hahaa

    BalasHapus

Posting Komentar