25 Manfaat Kepramukaan untuk Para Pelajar di Sekolah

Posting Komentar
25 Manfaat Kepramukaan

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang ada di lembaga pendidikan mulai dari tingkat SD sampai SMA memang patut untuk diikuti dengan seksama. Ini karena banyak sekali manfaat dari mengikuti ekstrakurikuler pramuka ini.

Dari banyaknya manfaat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka, kali ini kita akan membahas 25 manfaat kepramukaan. Lumayan banyak, ya! Mudah-mudahan informasi ini bisa menjadi motivasi teman-teman anggota pramuka atau yang sedang mempertimbangkan untuk masuk dan bergabung dengan ekstrakurikuler pramuka.

25 Manfaat Kepramukaan

Kurikulum di sekolah dilengkapi dengan program kokurikuler dan juga ekstrakurikuler. Ini semata-mata agar hak para siswa untuk mendapatkan akses pendidikan dapat terpenuhi.

Jika pembelajaran utama di kelas bersifat mengikat, maka beda dengan ekstrakurikuler di mana siswa dapat memilih sesuai dengan bakat dan minat masing-masing. Namun demikian, pramuka sangat direkomendasikan untuk diikuti karena banyaknya manfaat dari ekstrakurikuler satu ini.

Di antara sekian banyaknya manfaat pramuka, berikut 25 manfaat kepramukaan yang bisa didapatkan oleh para pelajar dengan mengikutinya di sekolah

1. Belajar Mandiri

Salah satu kegiatan pramuka yang mengajarkan anak untuk mandiri adalah kegiatan kemah. Di beberapa sekolah Islam istilah kemah ini juga dikenal dengan sebutan mukhoyam pramuka

Intinya kegiatan kemah ini mengajarkan para anggota pramuka untuk belajar mengurus semuanya sendiri dengan para nggota pramuka lainnya, seperti membuat tenda, memasak, membersihkan peralatan, sampai membereskan tenda kembali.

2. Mencintai Alam

Contoh nyata kegiatan kepramukaan yang mengajarkan untuk mencintai alam adalah aksi bersih-besih nasional menyambut hari pramuka ke 68 kemarin. Semua sekolah dan madrasah serentak untuk melakukan aksi bersih-bersih ini sebagai salah satu bentuk program dari pramuka sendiri untuk mengamalkan dasa darma pramuka, khususnya poin Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.

3. Solidaritas 

Pramuka yang dibentuk per grup atau kelompok sangat berpeluang untuk membuat ikatan yang solid di antara sesama anggota pramuka. Hal ini karena pada umumnya kegiatan pramuka dalam bentuk kelompok membutuhkan solidaritas tinggi di antara anggota kelompoknya. Perlahan kegiatan-kegiatan dala pramuka akan semakin membuat solidaritas di antara mereka semakin tumbuh.

4. Pengalaman Menarik

Berkemah, mencari jejak, latihan tali-temali, morse, sampai semaphore adalah sebagian dari banyaknya kegiatan pramuka yang menarik yang akan memberikan pengalaman terbaik kepada para anggotanya, di mana belum tentu kegiatan-kegiatan tersebut bisa didapatkan dari ekstrakurikuler lainnya.

5. Ceria

Biasanya sebelum memulai kegiatan kepramukaan para kakak pembina mempunyai kegiataan pembukaan yang menarik yang akan membuat para anggota pramuka semakin semangat dan ceria selama mengikuti kegiatan tersebut. Pengalaman dulu sewaktu sekolah biasanya kita ada ice breaking, permainan-permainan, sampai lagu-lagu penyemangat baik sebelum maupun di tengah-tengah kegiatan latihan pramuka.

Kegiatan Pesta Siaga untuk adik-adik pramuka di sekolah dasar adalah contoh lain kegiatan pramuka yang menyenangkan dan dikemas dalam suasana ceria sehingga sangat menarik diikuti oleh para anggota pramuka.

6. Belajar Kepemimpinan

Setiap regu dalam pramuka dipimpin oleh Pinru atau pemimpin regu. Kalau dalam gerakan pramuka tingkat siaga ada istilah barung yang pemimpin anggota pamuka ini.

Anak yang maju menjadi pinru atau barung tentunya akan belajar kepemimpinan. Bagaimana ia dapat mengetuai kelompoknya dengan baik dan apa-apa saja yang harus dilakukan ketika ia menjadi pemimpin dalam sebuah grup, langsung atau tidak langsung itu semua akan didapatkan ilmunya di pramuka.

7. Lebih Percaya Diri

Base on my experience, sepertinya kegiatan di pramuka ini adalah salah satu yang membuat diri ini lebih percaya diri ketika zaman sekolah dulu. Sebelumnya karena pernah mengalami bullying di sekolah dasar sampai sempat membuat diri menjadi pribadi yang insecure, namun perlahan kembali bangun walau tertatih, di mana salah satunya dengan mengikuti kegiatan pramuka yang banyak kegiatannya membangun kepercayaan diri para anggotanya.

8. Tanggung jawab

Hal krusial yang merupakan bagian dari manfaat gerakan pramuka adalah melatih para anggotanya untuk belajar tanggung jawab. Kegiatan seperti memimpin regu adalah salah satu bentuk nyata di mana anggota pramuka harus belajar tentang makna tanggung jawab di lapangan sebenarnya.

Diharapkan dengan kegiatan-kegiatan pramuka yang bermuatan tentang tanggung jawab ini akan membentuk pribadi pramuka yang tumbuh dengan nilai positif tersebut dan siap berkiprah di masyarakat pada waktunya nanti.

9. Kerja Sama

Karena pramuka dibentuk dalam bentuk tim regu, maka kerja sama adalah sebuah keniscayaan di dalamnya. Dalam regu pramuka, mereka akan diajarkan berkolaborasi dan menahan egonya sendiri demi kerja sama yang baik dalam regu pramuka.

10. Menemukan Minat dan Bakat

Kegiatan yang beragam dalam latihan ekstrakurikuler pramuka sangat memungkinkan para anggota pramuka untuk menemukan minat dan bakat di dalamnya. Mulai dari kepemimpinan, manajemen, life skill, dan potensi-potensi lainnya melalui kegiatan atau latihan regulernya.

11. Melatih Fisik

Selain melatih kecerdasan dan life skill, kegiatan pramuka juga banyak membantu para anggoatanya terlatih secara fisik. Kegaitan seperti mencari jejak yang melibatkan gerakan berjalan, memanjat, bahkan berenang sangat membantu melatih fisik setiap anggota pramuka.

tujuan pramuka

12. Mengembangkan Karakter

Setiap anak mempunyai potensi yang unik daam dirinya masing-masing dan kegiatan-kegiatan di pramuka bermanfaat dalam hal mengembangkan karakternya agar dapat terekspos sehingga para anggota pramuka semakin memahami dengan potensi yang dimilikinya.

13. Berpikir Kritis

Banyak permainan dalam pramuka yang membangun semangat dan kecerian setiap anggotanya dan tak sedikit pula game dan juga materi latihan yang membuat anggota pramuka belajar berpikir kritis. Tentunya ini sangat bermanfaat ketika nanti terjun ke masyarakat apalagi masuk ke dunia pekerjaan.

14. Belajar Memecahkan Masalah

Contoh kegiatan pramuka yang membuat para anggotanya belajar memecahkan macalah adalah ketika belajar sandi morse dan juga semaphore. Mereka akan belajar memecahkan sandi menjadi sebuah clue penting yang bisa menjadi kata kunci dalam memecahkan masalah.

15. Siap Siaga dalam Kondisi Darurat

Kegiatan kemah pramuka tidak hanya menjadi ajang melatih kemandirian anak pramuka, tetapi juga banyak kegiatan didalamnya yang mengajarkan anggota pramuka bersiap siaga dalam kondisi darurat seperti bagaimana mempersiapkan makanan dalam beberapa waktu selama kemah, sampai membuat simulasi bencana.

16. Survival

Kegiatan perkemahan pramuka juga akan mengajarkan anggota pramuka untuk menjadi sosok yang survival atau bertahan. Bagaimana anggota pramuka belajar mendirikan tenda, belajar memasak, sampai belajar membuat api unggun adalah bagian-bagian dari latihan survival ala pramuka.

17. Siap Berperan Aktif di Masyarakat

Dengan banyaknya kegiatan positif kepramukaan di sekolah, para pelajar juga berpeluang untuk belajar berperan aktif di masyarakat sebagai bagian di dalamnya. Latihan dalam regu yang melibatkan kerja sama, solidaritas, dan kepemimpinan akan sangat baik bagi siswa untuk siap juga diaplikasikan dalam kehidupan lainnya di masyarakat tempat ia tinggal.

18. Lifetime Learner

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka ada dalam setiap jenjang pendidikan di negeri kita mulai dari SD sampai SMA. Bahkan di luar itu kegiatan pramuka pun tetap eksis di banyak lembaga.

Banyaknya kesempatan untuk bergabung dengan gerakan kepramukaan di setiap jenjang akan menjadikan anggota pramuka menjadi insan pembelajar sepanjang hayat atau dikenal dengan istilah lifetime learner.

19. Belajar Menghargai Keragaman

Gerakan pramuka adalah gerakan yang universal, dapat diikuti oleh seluruh siswa di sekolah dengan latar belakang apapun. Puncaknya dalam Jambore nasional yang mempertemukan seluruh perwakilan pramuka se-Indonesia mereka akan belajar untuk menghargai keragaman dengan bertemu dan belajar dari setiap pramuka di setiap wilayah Indonesia.

20. Persahabatan

Pramuka yang dibentuk dalam bentuk regu akan berpeluang membuat persahabatan di dalamnya. Pertemuan reguler mereka setiap latihan akan semakin menguatkan persahabatan mereka dan juga semakin dikuatkan dalam latihan khusus seperti dalam kegiatan perkemahan atau kegiatan mencari jejak.

21. Melatih Kedisiplinan

Kegiatan latihan pramuka selain mempunyai vibe yang semangat dan ceria juga mempunyai indikator kedisiplinan didalamnya. Belajar disiplin waktu dalam latihan dan kelengkapan atribut seragam pramuka adalah dua contoh dari banyaknya latihan kedisiplinan dalam latihan pramuka.

22. Gotong Royong

Gotong royong yang menjadi ciri khas kebudayaan Indonesia juga menjadi salah satu sifat yang bisa didapatkan dari intens latihan di pramuka. Kegiatan dalam bentuk regu dalam setiap kegiatan mutlak membutuhkan gotong royong dan kekompakan di dalamnya.

23. Meningkatkan Rasa Kepedulian

Sebagai bentuk pengaplikasian dasa darma poin kedua: Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, dalam latihan gerakan pramuka banyak sekali muatan yang tertuju pada poin positif tersebut. Salah satu contoh dari poin ini adalah kegiatan aksi bersih-bersih nasional yang sudah disebutkan pada poin 2 di atas.

24. Membina Cinta Tanah Air

Mengikuti kegiatan pramuka bermanfaat dalam melatih dan membina dalam hal kecintaan terhadap tanah air. Setiap latihan pramuka pada umumnya dibuka dengan apel kenaikan bendera dan ini indikasi jelas untuk menanamkan sikap mencintai tanah air kita, tanah air Indonesia.

25. Kegiatan Lebih Dinamis

Every single thing dalam kegiatan pramuka dikemas dalam kegiatan yang dinamis yang akan membuat setiap anggota pramuka bergerak aktif dalam setiap sesi latihan. Tentu ini sangat bermanfaat juga untuk tumbuh kembang dan kesehatan anak dengan mengikuti kegiatan regulernya.

Yuk Bergabung dengan Gerakan Pramuka

manfaat pramuka

Dengan banyaknya manfaat dari kegiatan pramuka, mudah-mudahan semakin membulatkan tekad para pelajar untuk mengikuti setiap program dan kegiatan posituf yang ada didalamnya. Bergabung dengan gerakan pramuka sama dengan membuka pikiran kita untuk menerima berbagai ilmu dan pengalaman yang luar biasabdi setiap latihan atau kegiatannya.

Demikian pembahasan 25 manfaat kepramukaan untuk para pelajar di sekolah. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, tidak hanya untuk para anggota pramuka atau yang akan bergabung dengan pramuka, tetapi juga para orang tua mudah-mudahan dapat lebih paham tentang kegiatan pramuka di sekolah dan dapat memberikan dukungan pada anak-anak untuk mengikuti kegiatannya dengan seksama sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dalam tahapan kehidupannya dengan banyak kegiatan positif dan bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar