Ciri-Ciri Obesitas Serta Langkah Pencegahan, Bisa Jadi Kamu Sudah Termasuk!

15 komentar
Ciri-Ciri Obesitas

Banyak penyakit yang bisa datang menghampiri karena gaya hidup yang tidak sehat, dimana gaya hidup kurang sehat ini memicu peningkatan berat badan hingga berlebihan atau yang dikenal sebagai obesitas. Mungkin saja kamu sudah termasuk salah satu diantaranya, namun tidak sadar akan hal tersebut bahkan menganggapnya sebagai hal yang biasa saja, padahal sebenarnya ini sudah termasuk salah satu gerbang masalah kesehatan, ciri-ciri obesitas bisa dilihat dari berat badan.

Apa Itu Obesitas?

Sebelumnya ketahui terlebih dahulu sebenarnya apa itu obesitas, istilah yang tentunya sudah sering kamu dengar. Obesitas merupakan sebuah kondisi kesehatan dimana tubuh mengalami kelebihan berat badan. Sehingga dapat dilihat orang-orang yang obesitas ini pada dasarnya punya fisik yang gemuk. Hal ini disebabkan oleh terlalu banyak lemak yang menumpuk dalam tubuh orang yang obesitas.

Bahkan di Indonesia sendiri ada 1 dari 5 orang yang mengalami obesitas, diprediksikan bahwa jumlahnya akan terus meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Karena berbeda dengan zaman dulu dimana manusia aktif bergerak atau menggunakan tubuhnya untuk bekerja. Maka di zaman sekarang tidak lagi, karena ada pengaruh teknologi yang mempermudah kehidupan manusia, ditambah dengan pengaruh dari konsumsi makanan yang tidak sehat juga turut mempengaruhinya.

Ciri-Ciri Orang Obesitas

Ciri-ciri obesitas ini dapat dilihat dari beberapa hal berikut, penting bagi kamu untuk mengenalinya, yaitu:

  1. Sulit bernapas, sebenarnya ciri yang pertama dapat dilihat bahwa orang yang cenderung obesitas akan mengalami kesulitan untuk bernapas. Apalagi ketika melakukan aktivitas fisik yang cukup intens, bahkan terkadang tidak melakukan aktivitas fisik juga tetap mengalami kesulitan untuk bernapas. Karena hal ini disebabkan oleh paru-paru yang tidak bisa mengembang secara sempurna akibat kelebihan lemak bagian perut.
  2. Mudah lelah, gejala yang selanjutnya adalah mudah untuk merasakan kelelahan, karena berat badan yang berlebihan ini juga menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak energi yang digunakan dalam menjalankan aktivitas, misalnya adalah berjalan, berdiri, berolahraga dan sejenisnya. Akibatnya energi juga cepat terkuras habis, sehingga akan jadi mudah lelah. Waspadai jika kamu merasakan kondisi tersebut.
  3. Memiliki kualitas tidur yang buruk, seseorang yang mengalami obesitas pada dasarnya cenderung punya kualitas tidur buruk. Hal ini dikarenakan obesitas menyebabkan berbagai masalah tidur, seperti diantaranya adalah sleep apnea, sebuah kondisi yang membuat saluran napas tersebut terputus pada saat tidur, hal ini bahkan bisa terjadi berkali-kali ketika sedang dalam kondisi tidur.
  4. Sering mendengkur, orang-orang yang obesitas memiliki kebiasaan mendengkur saat tidur, hal ini dikarenakan oleh udara yang menyempit. Karena pada orang yang mengalami obesitas saluran napas akan tertekan sehingga membuatnya rentan untuk kolapse. Saluran napas yang tertekan ini menyebabkan obstruksi dan membuat napas bergetar atau keluar suara.
  5. Mudah merasakan nyeri punggung dan lutut, berat badan berlebih menyebabkan tubuh memiliki beban lebih besar untuk ditopang, sehingga secara otomatis hal tersebut akan memicu rasa nyeri, diantaranya adalah pada area punggung serta lutut.
  6. Tekanan darah tinggi, obesitas juga berhubungan dengan kinerja jantung, karena jantung dipaksa memompa darah secara lebih berat ke seluruh tubuh, sehingga pada akhirnya tekanan darah juga jadi lebih tinggi.

Langkah Mencegah Obesitas

cara Mencegah Obesitas

Setelah mengenal ciri-ciri obesitas, agar kamu tidak sampai mengalaminya, ada beberapa upaya pencegahan yang dapat dilakukan, yaitu:
  1. Mengatur pola makan dengan gizi seimbang, mulai dengan perubahan pola makan, yaitu dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, memperbanyak makro nutrisi lain, perhatikan porsi antara proteksi. Serat serta karbo, harus sesuai dengan panduan Kemenkes yaitu gizi seimbang, ikuti aturan isi piringku.
  2. Sering olahraga, jangan menjadi orang yang mageran, penting untuk setidaknya aktif dalam melakukan aktivitas fisik atau olahraga, karena inilah cara terbaik yang dapat dilakukan untuk membakar kalori, sehingga tidak banyak tersimpan dalam tubuh. Setidaknya melakukan aktivitas olahraga selama 150 menit dalam seminggu agar tubuh lebih bugar.
  3. Mulai menerapkan gaya hidup sehat, langkah yang selanjutnya dapat dimulai dengan gaya hidup sehat, yaitu dengan membatasi konsumsi makanan kurang baik seperti junk food, istirahat secara cukup dan jaga level stress. Karena bagaimanapun juga sebenarnya kesehatan pikiran juga memiliki peran yang penting dalam mencegah masalah kesehatan lainnya. Bagaimana kamu dalam menjalani hidup, sebenarnya inilah yang mempengaruhi kondisi kesehatan, dapat tercermin dari sana.

Sekarang sudah tahu bukan mengenai apa saja ciri-ciri obesitas serta langkah pencegahannya, maka pastikan untuk diterapkan jika ingin hidup selalu sehat dan tidak merepotkan orang lain. Pastikan juga bahwa kamu sudah menyiapkan bekal proteksi dalam hidup, agar kelak ketika jatuh sakit tidak ikut membebani kondisi keuangan atau financial, bisa dipersiapkan mulai dari sekarang, diantaranya adalah menggunakan asuransi kesehatan terbaik Allianz.

Related Posts

15 komentar

  1. Harus diperhatikan banget pola makan sekarang. Karena obesitas ini jadi gampang kena penyakit. Sekarang aku 47 kg ya kalau naik pantaran 48-49 kg...Kalau udah 49 kg aja langsung geber intermitten fasting ama olahraga, sekarang emang konsen ngejaga badan karena sehat itu mahal harganya hehehe,tapi karena masakin keluarga tetep masakin mereka, cuma kalau aku sendiri makannya jadi beda sendiri ma anggita keluarga yang lain hahahhaha...agak sedikit ribet tapi alhamdulilah jika diterapkan emang ngaruh sih...badan jadi terjaga

    BalasHapus
  2. Hiks aku termasuk obes nih, banyak faktor juga sih misalnya kurang tidur, kurang olahraga, asupan serat juga kurang, hiks, beneran harus berubah nih supaya lebih sehat

    BalasHapus
  3. Memang perlu apik menjaga diri, dari pola makannya dan gaya hidup sehat ini, agar macam² gangguan kesehatan seperti obesitas bisa dicegah

    BalasHapus
  4. Kalau obesitas memang tidak nyaman. Terutama mudah lelah dan gampang keringatan. Teman saya kalau pas pelajaran olahraga pasti izin. Makanya warning juga bagi kita. Termasuk menjaga pola makan. Apalagi sekarang banyak godaan makanan tidak sehat. Pastinya harus rajin olahraga juga.

    BalasHapus
  5. Wahh aku baru sadar nih Kak. Sering nyeri punggung ternyata buka karena banyak ngetik. Tapi karena obesitas. Emang banyak efek negatifnya ya. Kudu diet dulu biar BB ideal.

    BalasHapus
  6. Penting sekali untuk menjaga pola hidup yang sehat, apalagi di zaman sekarang yang mana banyak sekali olahan makanan tinggi kolesterol (junk food). Very nice article

    BalasHapus
  7. Saya sedang mengalami masalah dengan berat badan yang tak kunjung usai hahahahaha, niat olahraga selalu kandas!. Setelah membaca artikel ini, saya jadi termotivasi untuk kembali menerapkan pola hidup sehat. Ternyata banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah obesitas.

    BalasHapus
  8. Saya selalu wanti-wanti ke anak masalah obesitas ini. Bahaya banget. Kakeknya anak-anak obesitas dan penyakitnya banyak.

    BalasHapus
  9. Meski berat badan saya nggak gemuk, tapi tetap harus waspada dengan ciri-ciri penyakit obesitas ini. Termasuk kudu wajib menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup yang sehat. Apalagi usia saya juga sudah memasuki kepala 4, hehehe...

    BalasHapus
  10. Meski tidak tergolong obesitas, kayaknya berat badanku emang cenderung naik sih. Bukan sulit bernapas. Tapi kayak yang gampang ngos-ngosan meski hanya dengan sedikit gerak doang gitulah.

    BalasHapus
  11. Amit², bujan obesitas sih, tapi lebih ke udah ngerasa lebih aja nih BB, haha.. Solusinya sih sekarang lagi rajin jalan pagi, tapi kalo makannya masih belum bisa ngatur, walo udah mengurangi yg manis².

    BalasHapus
  12. Saya belum merasa obesitas, tapi badan lumayan terasa berat, BB sudah mencapai ideal maksimal. Makasih tips langkah-langkah mencegah obesitas. Olahraga nih yang belum terlaksana.

    BalasHapus
  13. Saya pernah sih cek secara online, tapi lupa di mana. Saya ini sebenarnya wes masuk kategori Obesitas, meski masih tingkat 1. Kayaknya emang perlu mulai mengatur pola makan, olahraga, dan menerapkan gaya hidup secara keseluruhan sebelum parah.

    BalasHapus
  14. Belum obes, tapi secara pribadi berat badan sudah mulai terasa meresahkan. Jadi sekarang mulai berusaha disiplin olahraga demi badan yang lebih sehat. Yang jadi godaan besar itu memang makanan, sih.

    BalasHapus
  15. obesitas ini meresahkan tanpa memandang gender yaa..
    Bisa terjadi pada perempuan dan laki. Tapi sepertinya lebih banyak terjadi di perempuan karena ada kebiasaan perempuan yang kalo stres, larinya ke makan. Huhuhu, kudu banget tetap mindful untuk menjalani pola hidup sehat.

    BalasHapus

Posting Komentar