Pengenalan Contoh Literasi Sekolah Tingkat SMA Sederajat dari Duta Baca Kabupaten Sukabumi

Posting Komentar

Beberapa waktu lalu madrasah aliyah Raudlotul Ulum kedatangan tamu, mereka adalah Duta Baca Kabupaten Sukabumi yang sedang mengemban amanah menjalankan program kerjanya yang salah satunya adalah sosialisasi contoh literasi sekolah SMA sederajat yang menarik dan menyenangkan untuk usia tingkat SMA.

Kebahagiaan tersendiri pastinya untuk keluarga besar MA Raudlotul Ulum yang berlokasi di Jalan Pendidikan KM.02 Citamiang Kadudampit yang menjadi salah satu sekolah yang menjadi sasaran sosialisasi dari teman-teman Duta Baca Kabupaten Sukabumi ini. Banyak pengetahuan dan informasi yang bisa didapat oleh para siswa madrasah dari 4 duta baca yang memaparkan tentang pentingnya literasi, contoh program literasi sekolah, dan contoh kegiatan literasi sekolah tingkat SMA yang menarik untuk diikuti.

Berkenalan dengan Duta Baca 2024 Kabupaten Sukabumi  

Ada 4 perwakilan dari Duta Baca 2024 Kabupaten Sukabumi yang datang pada hari itu ke MA Raudlotul Ulum. Mereka membawa misi mulia untuk mengenalkan urgensi literasi untuk para pelajar tingkat SMA.

4 teman-teman dari Duta Baca 2024 Kabupaten Sukabumi ini terdiri dari Annisa Farikha dan Faisal yang merupakan pemenang Duta Baca 2024 dan ada juga Ariel dan Saskia yang masuk dalam 16 besar Duta Baca 2024 Kabupaten Sukabumi.

Anisa Farikha, Duta Baca 2024 Kabupaten Sukabumi menegaskan tentang tujuan kedatangan mereka ke madrasah ini

Ini memang salah satu program kerja kami untuk melaksanakan sosialisasi ke sekolah-sekolah, untuk memperkenalkan dan menyadarkan apa itu literasi dan pentingnya kemampuan berliterasi untuk generasi muda khususnya anak-anak tingkat SLTA dan sederajat. Kegiatan ini juga untuk memotivasi dan memperkenalkan pentingnya literasi, sekaligus memperkenalkan perpustakaan keliling juga.

Contoh Literasi Sekolah Tingkat SMA Sederajat

Saat ini kondisi literasi di negeri kita sedang tidak baik-baik saja. Data dari UNESCO pada tahun 2022 menunjukan bahwa minat baca masyarakat Indonesia berada pada posisi ke 60 dari 70 negara yang disurvey. Kondisi ini sangat miris tentunya dan harus kita ubah perlahan bersama-sama agar masyarakat kita menjadi masyarakat melek dengan literasi.

Para pelajar adalah kelompok masyarakat produktif yang tentunya menjadi salah satu target sasaran dari pengenalan literasi, termasuk didalamnya para pelajar tingkat SMA dan sederajat. Jika dikelola dengan kreatif, ada banyak contoh literasi sekolah SMA sederajat yang menarik untuk diikuti oleh para pelajar sehingga mereka tertarik dengan kegiatan-kegiatan literasi ini.

Berikut beberapa contoh literasi sekolah SMA sederajat

1. Membuat Buku Antologi Siswa dan Guru

Salah satu yang bisa dilakukan sebagai contoh kegiatan literasi di sekolah tingkat SMA adalah membuat buku antologi kolaborasi guru dan siswa. Kegiatan ini sangat positif dan juga akan menjadi media untuk menguatkan ikatan guru dan siswa.

MA Raudlotul Ulum adalah salah satu contoh madrasah setingkat SMA yang sudah membudayakan membuat buku antologi puisi setiap tahunnya. Bahkan pada 2024 ini merupakan kali ke-3 terbitnya buku kolaborasi antara guru dan murid.

2. Menghidupkan Majalah Dinding

Kegiatan lain yang bisa dilakukan dalam meningkatkan daya literasi para pelajar tingkat SMA adalah dengan menghidupkan mading atau majalah dinding. Biasanya mading yang diisi dengan ragam informasi menarik baik dari isi maupun tampilan bisa menyedot perhatian para pelajar mulai dari sekedar melirik sampai mengikuti dengan seksama apa-apa yang dipampang di mading itu sendiri.

3. Mengadakan Perpustakaan Keliling

Contoh kegiatan literasi lainnya di tingkat sekolah SMA adalah dengan mengadakan perpustakaan keliling. Nah ini juga yang kemarin yang dikenalkan oleh tim Duta Baca kepada anak-anak sekolah. Mereka memperkenalkan kendaraan perpustakaan keliling milik Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sukabumi.

Perpustakaan keliling ini bisa diadaptasi oleh sekolah atau madrasah dengan mengadakan kegiatan serupa, misal perpustakaan keliling dengan troli dorong pas jam istirahat dengan menugaskan teman-teman dari OSIS misalnya. Sepertinya akan sangat menarik dan layak dicoba!

4. Membuat Kompetisi Menulis

Hal lain yang bisa dicoba sebagai contoh kegiatan literasi adalah dengan mengadakan kompetisi menulis antar siswa di sekolah, apalagi kalau hasil kompetisinya dijadikan sebuah buku antologi. pastinya tambah keren dong.

5. Mengadakan Pertunjukan Seni Sastra

Di kurikulum merdeka saat ini kita mengenal kegiatan P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Nah, dalam gelar karya P5 ini sekolah bisa menginisiasi untuk mengadakan pertunjukan seni sastra mulai dari pembacaan puisi, monolog, drama, atau pun yang lainnya yang melibatkan para siswa dan kemudian dikemas dengan menarik agar para siswa pun semangat untuk mengikuti kegiatan ini.

Ayo Kita Dukung Literasi di Sekolah

Menggalakan literasi tidak bisa dilakukan oleh satu elemen saja, tetapi semua harus bahu membahu bekerja sama dalam membumikan literasi. Jika semua menyadari akan pentingnya literasi ini niscaya perlahan kondisi literasi kita akan baik dan kita akan menjadi masyarakat yang melek dengan segala informasi.

Sekolah harus menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk para pelajar melakukan aktivitas yang berhubungan dengan literasi. Para orang tua pun harus berandil dengan mendukung kebutuhan sarana literasi seperti buku yang menarik untuk anak-anak di baca di rumah.

Semoga dengan adanya sosialisasi dari teman-teman Duta Baca ini menjadi setitik oase di gersangnya padang pasir yang memberikan kesegaran dunia literasi kita. Semoga juga para pelajar dapat memahami pentingnya literasi dan dapat menemukan aktivitas yang cocok dengan kepribadian masing-masing untuk mengisi kegiatan dari sekian contoh literasi sekolah SMA dan sederajat.

Related Posts

Posting Komentar