Menu Cooking Class Anak SD yang Mudah Dicoba

2 komentar
Menu Cooking Class Anak SD

Si sulung antusias sekali ketika pulang sekolah bercerita bahwa akan ada program cooking class di sekolahnnya. Jadinya penasaran juga apa menu cooking class anak SD, ya, yang kira-kira mudah dan anti ribet.

Ternyata dari informasi yang didapat akan ada dua menu yang dibuat dalam ide cooking class ini dan sepertinya cara membuatnya mudah, terlebih untuk anak-anak level kelas 6 SD. Pantas saja si Sulung sangat well prepare dengan bahan yang harus dibawanya sebagai tugas kelompok untuk acara ini.

Contoh Menu Cooking Class Anak SD

Di grup WA sekolah si sulung, wali kelas menginformasikan akan adanya cooking class di sekolah. Dalam satu kelas dibentuk dua kelompok dan satu kelompok akan membuat satu jenis makanan nantinya di program cooking class. Orang tua diminta untuk membantu mempersiapkan bahan-bahan yang ditugaskan per kelompok dalam membuat menu cooking class anak SD ini.

Dari pengumuman di grup kelas itu menu yang akan dibuat adalah sop buah dan sate buah. Jadi anak-anak mayoritas bertugas membawa berbagai varian buah-buahan sebagai bahan dasar untuk membuat kedua menu tersebut.

Si sulung sendiri mendapat tugas untuk membawa 10 buah stroberi yang nantinya akan dikumpulkan dengan buah-buah lain yang dibawa teman-temannya dan juga bahan-bahan lainnya sebagai pelengkap untuk membuat sup buah dan sate buah. 

Sop Buah

menu cooking class anak

Sop buah adalah sejenis minuman yang dibuat dengan mencampurkan aneka buah dengan sirop, susu, dan es batu. Jenis minuman ini sangat cocok dinikmati di siang hari ketika matahari sedang terik-teriknya.

Dalam membuat sirop buah dalam acara cooking class ini wali kelas merincikan tugas-tugas yang menjadi bahan dalam membuat sop buah yang terdiri dari:

  • 2 buah naga
  • 1 buah semangka kecil
  • 1/4 kg anggur
  • 10 buah stroberi
  • 1 buah melon kecil
  • 2 buah apel
  • 1 kaleng Susu kental manis
  • Sirop secukupnya

Cara membuat Sop Buah

Cara membuat sop buah ini ternyata memang lumayan mudah. Semua bahan berupa buah-buahan dipotong-potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera masing-masing. Kemudian buah yang telah dipotong-potong dimasukkan semuanya dalam satu wadah seperti mangkuk besar yang dapat menampung semua buahnya. 

Buah yang telah dimasukkan ke dalam mangkuk kemudian ditambahkan dengan susu kental manis, sirup dengan rasa sesuai selera, dan juga es batu untuk menambah kesegarannya. Semua bahan yang telah disatukan kemudian diaduk rata dan sop buah siap disajikan.

Sate Buah

cooking class

Sama halnya dengan sop buah, cara membuat sate buah pun terbilang mudah dengan bahan dan peralatan yang mudah didapat juga. Beberapa bahan yang diperlukan dalam membuat sate buah ini antara lain: 

  • 2 buah nanas
  • 10 stroberi
  • 1 buah melon kecil
  • 1/4 kg anggur
  • 1 buah semangka kecil
  • 2 buah apel
  • 50 tusuk sate 
  • coklat leleh secukupnya

Cara Membuat Sate Buah

Buah-buahan yang sudah terkumpul dipotong dengan bentuk dan ukuran sesuai dengan selera masing-masing. Kemudian buah yang sudah dipotong-potong dimasukkan ke dalam tusukan sate dengan susunan yang rapih. 

Ragam buah-buahan yang sudah disusun dalam tusuk sate kemudian dicelupkan ke dalam coklat meleleh dan tunggu sampai mengering. Jika coklat sudah kering, artinya sate buah siap dikonsumsi.

Kelas Merdeka dengan Membuat Menu Cooking Class Anak SD yang Mudah Dicoba

cooking class anak SD

Sepulang sekolah setelah praktik membuat sop buah dan sate buah Si Sulung menceritakan keseruan bersama wali kelas dan teman-teman sekelasnya dalam melaksanakan program cooking class tersebut dengan bahan dasar buah-buahan yang ada di sekitar kita.

Salah satu yang anak-anak sukai tentu saja mereka dapat mengonsumsi makanan yang telah mereka buat bersama-sama yang kemudian juga dinikmati bersama-sama. Dinamika berkelompok yang mereka lalui telah berhasil dalam program cooking class sampai akhirnya bisa memetik buah belajar mereka dengan makan bersama-sama sop buah dan es buah sebagai hasil dari menu cooking class anak Sekolah Dasar.

Bersyukur sekali sekolah dasar tempat si Sulung belajar mempunyai kurikulum yang terus mengeksplorasi setiap bakat dan minat anak-anak didiknya, yang salah satunya dalam bidang kulineri. Teman-teman pengajar dan juga para orang tua bisa mengadaptasi program cooking class ini di sekolah atau di rumah bersama orang tua. Ini akan menjadi salah satu ikhtiar terbaik dalam menguatkan bonding antara guru dan siswa atau orang tua dan anak dengan bersama-sama membuat menu cooking class anak SD yang mudah dicoba di tempat masing-masing.

Related Posts

2 komentar

  1. Lebih terasa nikmatnya yaa.. karena mereka tau proses pembuatannya.
    Biasanya terus ketagihan masak-masak di rumah tuh.. hihihi~
    Abis ini explore menu anak-anak apalagiii...??

    BalasHapus
  2. Ya Alloh ini sih kelihatan enak banget, dan gampang resepnya..Bisa ngajarin si kecil yang masih SD berkreasi masak ya Mas Yonal. Itu es buahnya mana warnanya cakep pula

    BalasHapus

Posting Komentar