10 Sekolah Raih Adiwiyata 2024 di Kabupaten Sukabumi

1 komentar
adiwiyata sekolah

10 Sekolah meraih penghargaan Adiwiyata 2024 di Kabupaten Sukabumi sebagai apresiasi kepada sekolah dan atau madrasah yang menerapkan prinsip peduli lingkungan di satuan pendidikannya masing-masing. 10 Lembaga pendidikan peraih Adiwiyata 2024 ini terdiri dari sekolah di bawah Dinas Pendidikan dan juga madrasah di bawah naungan Kementerian Agama.

Apa itu Adiwiyata?

Adiwiyata adalah sebuah penghargaan dari pemerintah yang dalam hal ini dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK yang dikhususkan untuk sekolah atau madrasah yang mempunyai program kerja yang berhubungan dengan kepedulian terhadap lingkungan dan menerapkan budaya lingkungan hidup di satuan pendidikannya masing-masing. Adiwiyata ini dikenal juga dengan program green school.

Sekolah Peraih Penghargaan Adiwiyata 2024 di Kabupaten Sukabumi

Setelah melalui penilaian dari tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan maka diputuskanlah 10 peraih penghargaan Adiwiyata Sekolah pada tahun 2024 di Kabupaten Sukabumi. 10 sekolah tersebut terdiri dari lembaga pendidikan di bawah Dinas Pendidikan dan juga Kementerian Agama tingkat SMP/Mts dan SMA/MA.

Sekolah Peraih Adiwiyata Tingkat SMP dan SMA

  1. SMA Al-Umanaa Boarding School
  2. SMAN Surade
  3. SMPN 3 Cibadak
  4. SMP Mardi Yuana Cibadak

Madrasah Peraih Adiwiyata Tingkat MTs dan MA

  1. MA Al-Ma'tuq
  2. MAN 1 Sukabumi
  3. MAN 3 Sukabumi
  4. MTs Al-Ma'tuq
  5. MTs Nurul Hidayah
  6. MTs Negeri 3 Sukabumi

Cakupan Penilaian Sekolah Adiwiyata

Sekolah dan madrasah pada umumnya dapat belajar dari lembaga pendidikan yang meraih penghargaan Adiwiyata ini. Tentunya mereka tak serta merta mendapatkannya, tetapi ada persiapan-persiapan yang ketika dinilai oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mereka sudah siap 100%.

Setidaknya ada 4 cakupan aspek penilaian pemerintah dalam menilai sekolah dan madrasah untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata ini yang terdiri dari

  1.  Aspek kebijakan yang dibuat sekolah atau madrasah yang berwawasan lingkungan hidup
  2. Aspek kurikulum sekolah atau madrasah yang berbasis lingkungan hidup
  3. Aspek kegiatan lingkungan berbasis partisipatif
  4. Aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan
Sekolah atau madrasah  yang ramah lingkungan adalah sekolah yang akan memberikan kenyamanan bagi seluruh warganya. Sekolah akan berdampingan dengan alam dan akan memberikan dampak positif berupa simbiosis mutualisme dan diharapkan kedepannya akan menciptakan generasi-generasi yang peduli terhadap isu perubahan iklim di bumi kita. 

Related Posts

1 komentar

  1. Alhamdulillah bentuk apresiasi pemerintah yang benar-benar berdampak bagi lingkungan juga ini. Semakin banyak akan semakin baik. Semoga juga bisa bertahan melestarikan lingkungan

    BalasHapus

Posting Komentar