Lomba Panahan: Ajang Uji Mental dan Kemahiran Memanah Anak Didik

Posting Komentar

Lomba Panahan
Di sekolah, Si Sulung ikut beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang salah satunya adalah panahan. Dari sekian kegiatan latihan di ekstrakurikuler ini ada juga momen anak-anak mengikuti lomba panahan. Lomba panahan ini bertujuan agar anak terlatih baik dari segi mental maupun kemahiran dalam memanahnya.

Panahan sendiri adalah jenis olahraga yang menggunakan busur dan juga anak panah. Teknik dasarnya adalah menembakkan anak panah menggunakan busur ke bantalan target atau sasaran yang berupa 10  lingkaran konsentris yang mempunyai warna berbeda-beda di setiap nomor lingkarannya. Nomor lingkaran ini sebagai penanda poin pemanah ketika anak panah menancap pada bantalan target.

Jadi ingat momen-momen dulu membimbing dan melatih panahan anak-anak didik di madrasah aliyah. Sekarang merasa diestafetkan dengan anak pertama mengikuti kegiatan ekstrakurikuler panahan di sekolah dasarnya, termasuk mengikuti kegiatan lomba panahan mewakili sekolahnya.

Tujuan dari Olahraga Panahan

Dalam Islam panahan disebut sebagai olahraga sunah, ini karena panahan disebutkan Nabi menjadi salah satu olahraga yang direkomendasikan selain berenang dan menunggang kuda.

Ajari anak-anak kalian berenang, memanah, dan berkuda. (Hadist Riwayat Ibnu Umar)

Untuk itu sebagai muslim tujuan utama dari olahraga panahan ini adalah untuk melaksanakan sunah Nabi tentunya. Selain itu banyak pula manfaat panahan untuk anak-anak dan menjadi bagian tak terpisahkan dari tujuan olahraga panahan yang diantaranya adalah:

  • Meningkatkan koordinasi
  • Kekuatan dan keseimbangan tubuh
  • Meningkatkan fokus dan kesabaran; dan
  • Menambah kepercayaan diri

Kompetisi Memanah untuk Anak Sekolah

Olahraga panahan saat ini mulai membumi dan banyak sekolah-sekolah yang menjadikannya sebagai ekstrakurikuler. Olahraga ini memang tak murah, alat-alat panahannya seperti busur, anak panah, dan aksesoris lainnya lumayan mempunyai harga yang fantastis. Tetapi ikhtiar untuk mengenalkan olahraga sunah dan juga mengenalkan manfaat panahan untuk kesehatan di para pelajar ini patut kita apresiasi dan kita dukung.

Berbagai kompetisi atau lomba panahan pun mulai sering diadakan oleh berbagai lembaga untuk berbagai kalangam, termasuk untuk para pelajar di sekolah. Lomba panahan ini bertujuan agar anak dapat terlatih mentalnya ketika berhadapan dengan para pemanah dari sekolah lainnya juga supaya anak belajar mengukur sudah sejauh mana kemahiran dalam memanahnya ketika melihat potensi dari pemanah-pemanah sekolah lain.

Diharapkan dengan mengikuti kompetisi memanah anak tidak hanya mendapat prestasi, tetapi juga bahan evaluasi dan motivasi agar teknik memanahnya semakin membaik setelah melihat permainan atau teknik dari para pemanah dari sekolah lainnya.

Nama Kompetisi Memanah

Kompetisi memanah yang diikuti baru-baru ini oleh Si Sulung adalah lomba panahan yang diselenggarakan di Kota Bogor, Jawa Barat. Tajuk lombanya adalah Tauhid Indoor Archery Championship 2024. Kategori yang disiapkan panitia adalah kategori lengkap untuk semua level sekolah, mulai dari SD, SMP, dan SMA.

Jarak Lomba Panahan

Berdasarkan pengalaman sewaktu membimbing dan melatih panahan anak-anak untuk persiapan mengikuti lomba, kita sebagai peserta memang harus paham dulu kategori apa yang diikuti dalam lomba memanah, karena dari sana kita akan mengetahui berapa jarak memanah yang akan kita lakukan ketika menembakan anak panah ke bantalan target.

Untuk tingkat sekolah dasar misalnya, ada kategori pemula dan prestasi. Kedua kategori ini mempunyai jarak lomba panahan yang berbeda satu sama lain walupun sama-sama untuk anak SD. Berikut contoh detail jarak lomba panahan untuk tingkat sekolah dasar

Jarak Lomba Panahan untuk SD Pemula 1

Untuk babak kualifikasi kategori SD pemula 1 biasanya adalah pelajar usia di kelas 1 dan 2. Jarak lomba untuk kategori pemula 1 ini adalah 5 meter, menggunakan 3 anak panah dalam 5 seri dan target face-nya berbentuk apple tree.

Jarak Lomba Panahan untuk SD Pemula 2

Pelajar yang termasuk kategori pemula 2 dalam lomba panahan biasanya kelas 3 dan 4. Jarak yang ditandingkan adalah 10 meter dengan diberi waktu 180 detik per serinya. Target face untuk kategori pemula 2 adalah 48 cm dengan 6 ring.

Jarak Lomba Panahan untuk SD Prestasi

Jarak lomba panahan untuk kategori SD prestasi paling panjang dibandingkan dengan dua kategori sebelumnya yaitu 15 meter. Jumlah anak panah yang digunakan biasanya 6 dengan jumlah serinya 5. Target face-nya sama dengan pemula 2 yaitu 48 cm dan 6 ring dengan waktu 180 detik per serinya.

Mari Dukung Setiap Potensi Anak Agar Dapat Berkembang

lomba panahan pemula

Setiap anak memiliki keistimewaan masing-masing sesuai bakat dan minatnya. Tugas kita sebagai orang tua dan atau guru adalah mengarahkan mereka agar setiap potensi yang dimilikinya dapat muncul dan menjadi sebuah prestasi di bidangnya.

Di antara sekian potensi anak pasti ada yang mempunyai bakat dan minat pada bidang olahraga dan sekolah yang baik sepatutnya dapat memfasilitasi dengan sarana dan prasarana yang mumpuni agar bakat dan minat tersebut dapat tersalurkan dengan baik.

Bersyukur sekali sekolah tempat Si Sulung belajar menyediakan berbagai jenis ekstrakurikuler yang dapat dipilih siswa sesuai dengan minatnya masing-masing, termasuk olahraga di dalamnya. Dan di antara sekian jenis ekstrakurikuler olahraga tersebut ada olahraga panahan didalamnya.

Sejauh mengikuti kegiatan ekstrakurikuler panahan selama ini alhamdulillah terasa sekali kemanfaatannya bagi tumbuh kembang anak. Mereka terlatih secara fisik dan juga mentalnya. Fisik lebih sehat dan emosional lebih terkontrol serta fokus yang juga terjaga.

Apalagi dengan diikutsertakan mengikuti lomba panahan ini, mudah-mudahan anak-anak dapat lebih belajar lagi tentang makna sebuah kompetisi, memahami taktik dan skill lawan, dan juga menjadikannya bahan evaluasi sekaligus motivasi untuk dapat lebih baik dalam setiap latihan dan juga event lomba panahan di kesempatan lainnya.

Related Posts

Posting Komentar