Poin Penting dari Tujuan Pramuka di Sekolah

Posting Komentar

tujuan pramuka di sekolah
Tujuan pramuka di sekolah terdiri dari tujuan secara garis besar dan tujuan-tujuan lain yang lebih spesifik dalam penjabaran bentuk per poin. Penyusunan ide yang dibentuk untuk membuat poin-poin dari tujuan adanya pramuka di sekolah ini tentunya harus mengacu kepada gerakan pramuka dari Kwaran Nasional atau Kwarnas yang menjadi kiblat gerakan pramuka di Indonesia.

Tujuan Pramuka Kwarnas Nasional 2023-2028

Tujuan pramuka di Kwarnas 2023-2028 dirembukan sampai mencapai kemupakatan. Berdasarkan poin dari web pramuka.or.id, tujuan pramuka secara umum adalah untuk melahirkan lapisan dan barisan pemimpin bangsa Indonesia yang sesuai dengan Satya dan Darma Pramuka. Kenapa poin tersebut menjadi sangat penting? Hal ini karena melihat kondisi negara kita saat ini mulai melemah dari berbagai sendi mulai dari ekonomi, politik, sampai kehidupan sosial.

Diharapkan ketika tujuan garis besar ini tercapai maka diharapkan pemimpin-pemimpin hebat ini mempunyai karakter-karakter penguat seperti cakap, bela negara, dan mempunyai sifat relawan yang tinggi juga. Untuk mencapai karakter-karakter positif penguat dari seorang pemimpin yang lahir dari tujuan utama pramuka ini maka dirumuskanlah beberapa poin tujuan pramuka dalam bentuk poin-poin yang terdiri dari:

  1. Gerakan Pramuka memiliki ketahanan diri (scout resilience) yang ditopang dengan infrastruktur minimum yang berkelanjutan.
  2. Gerakan Pramuka menjadi paling unggul dalam pendidikan nonformal di Indonesia.
  3. Gerakan Pramuka menjadi reservoir yang strategis bagi bangsa dan negara Indonesia dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila.
  4. Gerakan Pramuka memiliki citra yang positif dan mampu bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan secara konstitusional dan terintegrasi.
  5. Gerakan Pramuka memiliki kelembagaan, sumberdaya manusia, dan produktivitas yang bermutu. Gerakan Pramuka menyiapkan kader pemimpin bangsa yang berakhlak mulia.

Berdasarkan pengembangan tujuan pramuka di atas maka diharapkan pula setiap anggota pramuka dengan mengikuti setiap kegiatan kepramukaan akan terus tumbuh dan berkembang dengan kepribadian-kepribadian yang beriman, berakhlak mulia, bertakwa, berjiwa patriotik, disiplin, taat hukum, menjunjung nilai-nilai luhur dari bangsa kita, memiliki kecakapan hidup, dan sehat baik secara jasmani maupun rohani. 

Tujuan Pramuka di Sekolah

Ketika sekolah sebagai Gugus Depan atau Ambalan menyusun visi, misi dan tujuan pramuka di sekolah tentunya harus mengacu pada poin-poin dari Kwaran Nasional. Selain itu, pertimbangan lain dalam menyusun visi, misi, dan tujuan dari gerakan pramuka adalah mengacu pada Permendikbud No. 63 Tahun 2014 tentang Kepramukaan Pasal 1 Ayat 1 yang berbunyi:

Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai nilai kepramukaan;

Dengan melihat poin-poin dari Kwaran Nasional dan juga Permendikbud yang telah disebutkan di atas maka Gugus Depan akan lebih mudah untuk mengarahkan dalam membahas tujuan pramuka di sekolah. Sebagai contoh dari tujuan pramuka di sekolah ini salah satunya di lembaga pendidikan Al-Ma'soem sebagai salah satu lembaga pendidikan yang terkenal di Jawa Barat.

Contoh dari poin-poin tujuan pramuka di sekolah dikutip dari almasoem.sch.id antara lain:

  1. Anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
  2. Anggotanya menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
  3. Anggotanya menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.
  4. Anggotanya menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelenggarakan pembangunan bangsa dan negara.
Dari contoh poin-poin tujuan pramuka sekolah di atas maka setiap sekolah bisa sekali mengembangkan tujuan dari gerakan pramuka di ambalannya masing-masing dengan menyesuaikan pada tujuan Kwarnas dan juga Permendikbud serta ditunjang dengan kearifan lokal masing-masing.

Mari Kita Dukung Gerakan Pramuka di Sekolah

manfaat pramuka

Tujuan pramuka di sekolah sangatlah positif jika kita tinjau dari pemaparan tiap poinnya. Maka sepatutnya kita dukung gerakan pramuka di sekolah sebagai salah satu ekstrakurikuler untuk anak dalam mengembangkan diri dengan segala potensi yang dimilikinya.

Pramuka tidak akan maju dan berkembang dan segala ide seperti tujuan pramuka di sekolah tidak akan tercapai kalau tidak memiliki support system yang baik dari guru, orang tua, maupun siswanya sendiri. Untuk itu penting sekali untuk bahu membahu menjadikan pramuka sebagai gerakan positif yang akan selalu hadir di sekolah dan memberikan manfaat kegiatan pramuka bagi semuanya.

Related Posts

Posting Komentar